Meskipun sering dinilai negatif, ada juga jenis game yang bermanfaat seperti game logika yang bagus untuk mengasah kecerdasan. Game-game jenis asah otak ini adalah bukti bahwa tidak selamanya bermain game menjadi pekerjaan yang sia-sia dan hanya membuang-buang waktu. Asalkan tidak berlebihan dalam memainkannya, game juga bisa memberikan dampak positif seperti game-game logika berikut ini.

10 Rekomendasi Game Logika Terbaik

Siapa sih yang tidak ingin punya otak cerdas? Selain rajin membaca dan belajar, banyak cara lain untuk mengasah kecerdasan otak dengan cara yang menyenangkan. Selain melakukan hal-hal baru yang menantang, bermain game juga dipercaya bisa meningkatkan kemampuan berpikirmu, loh. Namun, kamu tentu harus memilih game-game tertentu seperti 10 game logika berikut ini.

  1. Unblock Me
Unblock Me

Dalam game Unblock Me, kamu harus berpikir keras untuk mencari jalan demi mengeluarkan sebuah balok merah dari jebakan kotak-kotak lain. Untuk bisa berhasil dalam waktu cepat, tentu kamu tidak hanya bisa mengandalkan jurus coba-coba menggeser balok-balok penghalang ke sana kemari. Kamu harus menggunakan logika agar bisa menemukan cara paling cepat untuk menyelesaikan tantangan ini.

Setiap kali berhasil menyelesaikan satu level, kamu akan mendapatkan skor berdasarkan jumlah angka yang berhasil dibuat. Jadi, selain berusaha mengeluarkan balok merah, kamu juga harus memikirkan cara untuk mendapatkan tiga bintang.

  • Lumosity
Lumosity

Game yang satu ini sangat keren karena didesain oleh para ilmuwan neuroscience. Lumosity sangat bagus untuk kamu yang ingin meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kecepatan berpikir, dan kemampuan memecahkan masalah.

Yang menarik dari game ini adalah kamu juga akan mendapatkan evaluasi dan analisis mengenai kemampuanmu dalam memecahkan masalah. Misalnya, apakah kamu termasuk orang yang fleksibel atau terlalu kaku dalam memecahkan masalah.

  • Monument Valley 2
Monument Valley 2

Inilah game puzzle adventure yang tidak hanya menarik secara grafis, tetapi juga sangat menantang logika. Tidak heran jika game logika ini dinobatkan sebagai game terbaik versi The Game Mobile Award tahun 2017.

Dalam Monument Valley, kamu ditantang untuk menginterpretasikan objek 2 dimensi menjadi 3 dimensi. Game ini menggunakan impossible object dengan teknik ilusi optik. Sehingga bentuk sebenarnya hanya akan bisa dilihat jika kamu mampu melihatnya dari segala arah dengan cara yang berbeda.

  • NeuroNation
NeuroNation

Untuk kamu yang benar-benar serius untuk mengasah kecerdasan otak, game NeuroNation wajib dicoba. Game ini lebih tepat disebut program latihan yang didesain khusus oleh para ilmuwan di tiga perguruan tinggi, yaitu Medical School Hamburg dan Free University Berlin di Jerman serta Edith Cowan University, Australia.

Menariknya, game ini menyajikan fitur yang sangat lengkap. Selain program latihan yang dibuat berdasarkan kebutuhan penggunanya dan beberapa game yang bervariasi, aplikasi ini juga dilengkapi artikel ringan dengan tema bahasan seputar kemampuan otak manusia.

  • Tebak Gambar
Tebak Gambar

Tebak Gambar adalah game logika asli buatan Indonesia yang tak kalah seru untuk dimainkan sambil mengasah otak dengan santai. Pada game ini, beberapa gambar disusun dengan beberapa petunjuk, misalnya ada suku kata yang dihilangkan, sehingga seluruhnya membentuk kosakata tertentu. Kosakata ini bisa berupa istilah sehari-hari, ungkapan/peribahasa, atau peristiwa fenomenal yang pernah terjadi.

  • Memorado
Memorado

Ingin punya IQ tinggi? Cobalah memainkan game Memorado. Konon, game ini sudah terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan aktivitas kognitif dan IQ pemainnya. Selain itu, ada pilihan 24 game logika yang disediakan dengan tingkat kesulitan bervariasi. Memorado juga akan membantu pemainnya melatih fokus, menajamkan kemampuan berpikir, menguatkan daya ingat, dan mengembangkan kemampuan berhitung.

  • Brainzzz
Brainzzz

Game ini bisa disebut sebagai game all in one karena di dalam Brainzzz, kamu bisa memilih bermacam-macam konsep game asah otak yang tersedia. Beberapa di antaranya adalah Maze, Block, Tangram, Piperoll, dan Sudoku. Setiap game dimainkan dengan cara berbeda sehingga membutuhkan cara berpikir yang berbeda pula. Dengan begitu, kamu juga bisa meningkatkan berbagai aspek kecerdasan otak sekaligus.

  • Scribblenauts
Scribblenauts

Logika dan imajinasi adalah senjata andalan saat kamu memainkan Scribblenauts. Untuk memecahkan masalah yang diberikan, kamu boleh memilih beda apa saja. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan plus minus dari cara yang akan kamu tempuh untuk menyelesaikan masalah itu. Jadi, kamu harus mengerahkan kemampuan  analisis untuk menentukan cara yang paling sederhana, masuk akal, dan juga cepat.

  • The Curse
The Curse

Menyelamatkan diri dari kutukan juga ternyata perlu logika, loh! Enggak percaya? Kamu bisa membuktikannya di game The Curse. Ada 100 teka-teki yang harus dipecahkan sekaligus menguji kecerdasan dan daya ingat. Kamu harus benar-benar mengerahkan kemampuan berpikir semaksimal mungkin karena jangan harap bisa melanjutkan ke teka-teki selanjutnya jika belum berhasil menemukan jawaban teka-teki sebelumnya.

  • 2048
2048

Para pencinta matematika pasti jatuh cinta pada game ini. Tugas pemain sederhana, hanya mengalikan angka-angka untuk menghasilkan nilai 2048. Cara bermainnya, kamu harus menggeser 2 kotak bernilai sama sehingga membentuk satu kotak dengan nilai penjumlahan keduanya. Hal ini harus dilakukan sampai nilai bidang mencapai minimal 2048. Meski tampaknya sederhana, game ini tidak semudah kelihatannya.

Manfaat Bermain Game Asah Otak

Manfaat Bermain Game Asah Otak

Sama seperti kemampuan atau skill lainnya, kecerdasan seseorang juga bisa dilatih sehingga terus meningkat levelnya. Untuk itu, otak harus sering dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah. Salah satu cara untuk melatih otak adalah dengan memainkan game asah otak. Berikut ini manfaat memainkan game logika dalam meningkatkan kecerdasan otak.

  • Mempertajam Logika

Game asah otak kebanyakan menuntut pemainnya untuk berpikir secara logis, rapi, dan sistematis. Cara berpikir seperti ini dibutuhkan untuk menyelesaikan tantangan dan menentukan strategi yang paling tepat untuk memenangkan permainan.

  • Melatih Konsentrasi

Konsentrasi dan fokus sangat dibutuhkan dalam memainkan game asah otak. Meskipun terkadang dalam game jenis ini kamu tidak dituntut mengalahkan lawan, konsentrasi penuh dibutuhkan agar bisa memecahkan tantangan yang diberikan.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Seperti game lainnya, game logika juga biasanya terdiri dari beberapa level. Makin tinggi levelnya, makin sulit tantangan yang harus diselesaikan. Secara otomatis, otak juga dituntut untuk berpikir lebih keras dari sebelumnya. Game yang sulit dan rumit akan merangsang otak untuk berpikir lebih kompleks. Dengan begitu, kinerja otak pun terus meningkat.  

  • Merangsang Kemampuan Berpikir Cepat

Beberapa game logika tidak hanya menuntut kemampuan untuk berpikir dari sudut pandang yang tepat, tetapi juga harus cepat. Kemampuan untuk berpikir cepat sangat kamu butuhkan dalam kehidupan sehari-hari ketika menghadapi masalah yang mendesak untuk diselesaikan.

  • Mencegah Pikun

Selain kemampuan berpikirnya meningkat, orang yang sering menggunakan otaknya untuk berpikir memiliki risiko lebih rendah mengalami pikun ketika memasuki usia senja. Hal ini disebabkan sel-sel otak yang sering bekerja tidak cepat menjadi tua.

Itulah 10 macam game logika yang recommended untuk kamu mainkan serta beberapa manfaatnya bagi kecerdasan. Meskipun game ini memberikan dampak positif, jangan lupa untuk memainkannya secara proporsional tanpa melupakan pekerjaan atau tugas-tugas lain yang harus diselesaikan.