Di antara banyak genre game online, game simulator termasuk yang cukup seru untuk dimainkan. Salah satunya yang banyak disukai adalah simulasi kendaraan yang akan membuat kamu merasakan pengalaman mengemudikan berbagai macam alat transportasi dari mobil bias hingga kapal selam. Game ini makin mengasyikkan karena sejumlah tantangan siap menghadang sepanjang perjalanan.

Rekomendasi Game Simulator Kendaraan

  1. Dr. Driving 2

Walaupun sudah terbiasa mengendarai mobil, belum tentu kamu bisa menaklukkan setiap tantangan yang ada di game ini. Memarkir mobil secara paralel mungkin bukan hal sulit, tetapi pernahkah kamu membayangkan jika ban mobilmu tiba-tiba terbakar? Nah, di game ini, kamu bisa merasakan sensasi repotnya menghadapi situasi bahaya yang bisa terjadi kapan saja di jalan raya.

Untuk memainkan game ini, kamu bisa menggunakan kontrol sentuh atau sensor gerak. Bukan hanya menyetir seperti biasa, di game ini kamu juga bisa melakukan hal yang belum pernah dialami di dunia nyata, seperti balapan atau kebut-kebutan di jalan raya. Game ini makin menyenangkan karena ada banyak mode, seperti turnamen online, misi taksi, dan level karier.

  1. Ultimate Car Driving Simulator

Kalau di game Dr. Driving 2 kamu bisa menyetir dengan relatif santai di jalan raya, game ini jauh lebih menantang. Ultimate Car Driving Simulator merupakan game simulator mobil balap liar yang akan membuatmu benar-benar seperti sedang adu kecepatan dengan lawan-lawanmu.

Jangan kaget jika tiba-tiba mobilmu melayang ketika baru saja akan memulai balapan. Sepanjang jalur perjalanan pun, kamu harus siap ketika mobil harus melompati jembatan, berakrobat di jalan, atau menempuh medan off road. Kamu juga akan mendapatkan misi-misi yang harus diselesaikan, seperti balapan dan drifting.  

  1. Traffic Rider

Game simulator yang satu ini wajib dimainkan oleh siapa saja yang hobi mengendarai motor. Dengan animasi yang keren, jenis motor yang bermacam-macam, banyaknya mode alur game, dan kontrol yang bisa disesuaikan, dijamin kamu akan betah memainkannya. Bahkan, game ini juga menyediakan berbagai latar tempat yang berbeda sehingga kamu seolah-olah berkeliling dunia dengan mengendarai motor!

Game ini juga bisa menyalurkan adrenalin pemain karena salah satu tantangannya adalah menyalip mobil dan truk yang melaju dengan kecepatan tinggi. Tenang saja, untuk menghadapi rintangan, kamu juga bisa melakukan upgrade terhadap motormu sehingga bisa tetap kamu kendalikan dengan mantap.

  1. Flight Simulator 3D

Gagal menjadi seorang pilot? Kamu bisa sedikit mengobati kekecewaan dengan memainkan game simulator pesawat terbang yang keren dan asyik, Flight Simulator 3D. Dengan panel yang mirip dengan aslinya dan efek 3D, game ini akan membuatmu merasa benar-benar sedang menerbangkan pesawat sungguhan.

Kamu bisa memilih jenis pesawat yang diinginkan mulai dari pesawat berbaling-baling kecil sampai pesawat komersial berukuran besar. Game ini juga menawarkan beberapa jenis mode untuk menguji kemampuanmu sebagai pilot yang andal untuk menyelesaikan misi-misi yang tidak mudah, seperti memadamkan api atau memburu pesawat hasil curian.

  1. Infinite Flight Simulator

Game simulator pesawat lainnya yang tak kalah menarik adalah Infinite Flight Simulator. Game ini akan membuatmu merasakan pengalaman menjadi pilot dengan lebih puas lagi karena punya banyak kelebihan, di antaranya:

  • ada 35 jenis pesawat yang bisa dicoba, 17 jenis pesawat bisa dipakai secara gratis, sedangkan 18 sisanya harus kamu beli;
  • game ini punya pilihan mode 2 player atau multiplayer, jadi kamu bisa mengajak teman-teman untuk mabar alias main bareng; dan
  • fiturnya sangat lengkap, seperti fitur untuk menentukan penerbangan berdasarkan kondisi cuaca dan logbook untuk kamu yang awam dalam mengontrol pesawat.
  1. Indonesian Train Simulator

Bukan cuma dari luar, Indonesia juga punya game simulator yang tidak kalah keren, yaitu Indonesian Train Simulator. Para railfans sejati pasti tahu game ini dan wajib memainkannya.

Game ini memberi kesempatan kepada pemain untuk menjajal pengalaman sebagai masinis. Kamu tidak akan bosan memainkan game ini karena semua jenis kereta yang ada di Indonesia bisa kamu coba. Tugas pemain sangat sederhana, yaitu mengantarkan penumpang sampai ke stasiun tujuan. Namun, waspadalah karena di tengah jalan, kamu akan menemukan situasi yang mengejutkan, seperti cuaca buruk.

  1. Silent Hunter 4: Wolves of The Pacific

Pengalaman seru lain memainkan game simulator bisa kamu dapatkan dengan memainkan game Silent Hunter 4: Wolves of The Pacific. Tak tanggung-tanggung, dalam game ini, kamu akan bertugas sebagai komandan kapal selam milik Amerika Serikat dengan setting waktu Perang Dunia II yang berlangsung di Samudra Pasifik.

Game buatan Ubisoft Bucharest ini dimainkan dalam platform Microsoft Windows dan terasa sangat nyata. Untuk menjadi komandan yang andal, kamu harus menguasai seluk-beluk kapal selam, termasuk sistem manajemen kru kapal, juga mengoperasikan radar, sonar, senjata, dan target trigonometri. Supaya tidak bosan, game ini menyediakan beberapa level permainan, seperti Career, Single War Patrol, dan Single Battle Engagement.

  1. F1 2018

Menonton mobil-mobil balap yang keren dan canggih adu kecepatan di sirkuit memang mengasyikkan. Namun, akan lebih seru lagi kalau kamu merasakan sendiri sensasi duduk di belakang setir mobil Formula 1 yang melesat kencang dengan berperan sebagai para pembalap profesional yang namanya sudah akrab di telinga.

Kalau  ingin lebih seru, kamu juga bisa menciptakan karakter sendiri sesuai keinginan dan memilih tipe mobil yang paling disukai, lalu bertanding melawan para pembalap terkenal. Tidak mudah untuk menaklukkan para penguasa sirkuit itu, tetapi percayalah, kalau kamu berhasil mengalahkan mereka, kamu akan merasa menjadi manusia terhebat di dunia!

  1. Truck Driver Cargo

Ingin merasakan pengalaman menyetir yang berbeda? Coba mainkan Truck Driver Cargo yang akan memberimu pengalaman menarik sebagai supir truk besar yang membawa banyak muatan.

Kontainer besar dan berat bukan satu-satunya tantangan di game ini. Keberanian kamu benar-benar diuji karena harus mampu bisa mengendalikan kendaraan saat harus melewati jalanan yang berbatu, melintasi gunung, dan menyeberangi sungai. Belum cukup sampai di situ, cuaca buruk juga akan menambah ketegangan dalam memainkan game ini.

  1. Heavy Excavator Crane

Kalau mengendarai alat transportasi terasa biasa-biasa saja, kamu bisa mencoba game simulator berikutnya, yaitu Heavy Excavator Crane. Dengan animasi yang cukup menarik, kamu bisa puas mencoba berada di posisi seorang operator excavator crane, yaitu alat yang digunakan untuk mengeruk pasir. Meskipun kelihatannya tidak rumit, ternyata tidak mudah untuk ‘menguasai’ kendaraan berat ini. Tertarik mencoba?

Jenis-Jenis Game Simulasi Lainnya

Game simulator kendaraan hanyalah salah satu sub-genre dari game simulasi. Apa yang dimaksud dengan game simulasi? Kata ‘simulasi’ berarti meniru suatu pekerjaan. Jadi, genre game simulasi adalah game yang didesain dengan meniru kondisi dan situasi yang dibuat semirip mungkin dengan keadaan di dunia nyata.

Selain simulator kendaraan, genre game simulasi terdiri memiliki dua sub-genre lain, yaitu simulasi konstruksi dan manajemen dan simulasi kehidupan. Contoh simulasi konstruksi adalah SimCity yang bertema pembangunan sebuah kota. Untuk jenis game simulasi kehidupan, kamu bisa memainkan The Sims, Virtual Villager, atau Dream Town Story.