Bermain merupakan salah satu kegiatan yang akan disenangi oleh semua orang. Apalagi jika permainan tersebut dapat dimainkan bersama-sama. Salah satu permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bersama-sama yaitu board game atau permainan yang menggunakan papan sebagai medianya. Catur misalnya, atau yang populer di kalangan anak-anak dari zaman dahulu adalah ular tangga.

Anda yang saat ini telah dewasa pasti hampir sebagian besar pernah memainkan ular tangga ini. Bagaimana? Menyenangkan bukan bisa bermain ular tangga bersama teman-teman. Selain menyenangkan, ternyata permainan ini memiliki banyak manfaat positif. Lalu apa saja manfaat yang didapatkan oleh pemainnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Bermain Board Game

  1. Meningkatkan komunikasi

Saat bermain permainan ini, tentu saja Anda tidak akan diam-diaman seperti orang marahan bukan? Akan banyak obrolan seru yang akan dilakukan sambil bermain. Tidak hanya itu, humor-humor juga akan terlontar tatkala ada teman yang terkena hukuman atau kalah bermain. Interaksi seperti ini akan membuat Anda semakin akrab dengan teman-teman sehingga komunikasi akan semakin baik.

  • Meredakan stres

Hampir semua permainan akan dapat meredakan stres, begitu pula dengan permainan board game ini. Saat bermain bersama teman-teman, tentu akan mampu meningkatkan hormon endofrin yang dapat menciptakan kebahagiaan. Mengobrol bersama sambil berkeluh kesah bersama akan mampu meredakan stres. Tidak hanya itu, saat tertawa bersama teman masalah akan terasa ringan begitu saja.

  • Memperkuat hubungan teman

Bermain permainan ini artinya Anda tidak bisa sendiri, pasti akan membutuhkan rekan main. Siapapun dapat Anda jadikan sebagai rekan main, mulai dari teman lama, teman baru, teman sekantor, bahkan bos di kantor. Secara tidak sadar, saat asyik bermain akan mampu memperkuat hubungan pertemanan sehingga permainan ini cocok sekali ketika Anda ingin mengakrabi teman-teman di kantor atau ajang reuni.

  • Meningkatkan kesabaran

Hal utama yang sering dirasakan saat bermain menggunakan papan ini adalah kesabaran. Hal ini karena permainan yang sederhana ini tidak bisa dimainkan sendiri sehingga harus menunggu giliran untuk melangkah. Tidak hanya itu, ketika teman telah menyalip posisi kita tentu hal ini akan membuat sebal. Namun, seringnya Anda bermain bersama teman, malah akan mampu meningkatkan tingkat kesabaran dan emosi.

  • Spotifitas

Pada suatu permainan pasti ada yang menang dan kalah. Tidak bisa semua pemain menjadi pemenangnya. Begitu pula dengan board game ini, pasti ada yang menang dan kalah. Hal ini akan mampu meningkatkan sikap sportifitas pada setiap diri pemainnya. Anda akan dapat mengakui keunggulan lawan dan juga mengakui kekalahan saat bermain.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Saat bermain bersama teman-teman, pasti ada saja yang nyeplos sesuka hati mereka. Kemudian objeknya akan menjadi bahan tertawaan. Pada keadaan seperti ini, mental Anda akan menjadi lebih tahan banting. Hal ini karena Anda tidak akan bisa marah, namun malah ikut tertawa bersama teman-teman. Seringnya bermain permainan ini, akan mampu meningkatkan kepercayaan diri di depan banyak orang.

  • Mengurangi resiko Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit penurunan kesehatan mental yang banyak dialami oleh orang-orang yang telah lanjut usia. Salah satunya adalah permainan dengan menggunakan board game ini.

Orang yang telah lanjut usia dan masih bermain permainan papan ini akan memiliki kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan kegiatan apapun. Selain itu, pengurangan resiko Alzheimer ini juga dapat terjadi pada mereka yang sering berinteraksi sosial.

Nah, ternyata rutin bermain permainan ini akan memiliki dampak positif, tidak hanya pada kesehatan saja, namun juga pada kehidupan sosial Anda. Bermain rutin disini tentu tidak dilakukan setiap hari, namun cukup melakukannya seminggu sekali. Cara ini akan mampu membuat kehidupan Anda lebih bahagia dan ringan. Permainan papan ini ternyata banyak sekali macamnya. Yuk simak apa saja yang termasuk board game.

Macam-macam Board Game

  1. Ular Tangga

Siapa sih yang tidak mengenal permainan ular tangga? Sejak zaman SD anak-anak telah mulai memainkannya. Pada papan permainan akan ada gambar ular dan tangga. Jika Anda pada posisi tangga, maka dapat naik ke posisi dengan angka yang lebih besar dengan cepat. Sedangkan jika posisi Anda tepat pada ular, maka harus turun ke angka yang lebih kecil di ujung ekornya.

Permainan ini akan sangat menyenangkan saat dilakukan bersama-sama. Prinsipnya adalah pemain yang dapat berada posisi terakhir paling cepat adalah pemenangnya. Tidak ada aturan khusus dalam permainan ini. Mudah dan menyenangkan bukan?

  • Monopoli

Permainan papan yang populer di kalangan anak-anak hingga dewasa adalah Monopoli. Bahkan permainan ini telah diadaptasi menjadi aplikasi digital yang dapat dimainkan dimanapun bersama teman-teman. Setiap pemain berpeluang untuk memenangkan permainan jika mampu membeli ataupun menyewa semua petak properti. Permainan ini juga menerapkan hukuman dan hadiah. Seru bukan?

  • Twister

Permainan papan berikutnya yaitu twister. Berbeda dengan permainan papan yang lainnya, Twister dapat menggunakan karpet berwarna-warni atau langsung lantai dengan bantuan kertas berwarna-warni yang disusun sedemikian rupa. Permainan ini mengedepankan keterampilan fisik dan ketepatan. Pemain harus mengikuti instruksi kemudian menempatkan kaki dan tangan pada posisi warna yang tepat.

Twister tidak hanya dapat mengasah keterampilan fisik dan ketepatan memilih saja, namun juga kerjasama tim dan kepercayaan pada orang lain. Permainan ini cocok dimainkan saat outbond atau gathering bersama teman-teman kantor untuk meningkatkan hubungan sesama rekan kerja.

  • Shogi

Shogi atau yang dikenal dengan catur Jepang ini juga merupakan salah satu jenis board game yang dimainkan oleh dua orang layaknya catur biasa. Jika pada catur biasa menggunakan papan kayu berwarna hitam dan putih, Shogi menggunakan papan kayu dengan satu warna saja. Selain itu, bidaknya pun tidak sama. Catur menggunakan bidak yang seperti kita tahu sedangkan Shogi menggunakan bidak berkarakter huruf kanji.

  • Othello

Sama seperti catur dan Shogi, Othello juga memiliki karakter yang hampir sama. Dimainkan pada papan satu warna dengan bidak berwarna hitam dan putih berbentuk bulat gepeng seperti kancing baju. Papan yang digunakan umumnya berukuran 8×8 kotak. Permainan ini sudah cukup tua dikenal, yaitu sejak 1883 yang diciptakan oleh Fraud dan Lewis Waterman.

Jika Anda pernah bermain Binggo, maka Anda tidak akan asing lagi dalam memainkan ini. Sama seperti halnya Binggo yang menyeragamkan objek dalam satu baris, Othello pun demikian. Pemain yang menang adalah dia yang mampu memindahkan bidak dan membuatnya satu garis dengan warna yang sama.

  • Congklak

Permainan yang pernah populer pada zaman dahulu ini, saat ini mulai ditinggalkan karena banyaknya permainan digital baru. Ternyata, board game yang satu ini tidak hanya populer di Indonesia saja lho. Pertama kali berkembang di Ethiopia pada abad ke -6 dan kemudian menybar ke seluruh dunia. Awal penamaannya adalah Mancala. Dimanapun negaranya, aturan permainannya sama.

Pemain yang dinyatakan menang Congklak adalah dia yang dapat mengambil biji dan mengosongkan lubang lawannya. Tidak hanya itu, perhitungan biji juga dilakukan. Pemain dengan biji terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.