Tahun 2020 akan segera berakhir dengan deretan game android yang sempat populer selama satu tahun terakhir. Perkembangan dunia game sekarang ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal itu terjadi karena melihat euforia dalam beberapa tahun terakhir. Terutama sambutan hangat terhadap permainan online yang terus bermunculan.

Permainan online memang terus berkembang dengan pesat bersama dengan kebutuhan akan sebuah hiburan. Namun faktanya sebuah permainan online tidak lagi hanya sekedar penyalur hobi saja, melainkan lahan untuk mencari uang. Menjadi seorang player game memang sebuah pekerjaan baru bagi sebagian orang.

Namun, ternyata kesuksesan sebuah game online faktanya membuat sang developer mendapatkan hasil manis. Semakin banyak orang yang memainkan game tersebut maka akan ada semakin banyak keuntungan masuk. Semakin terkenal permainan tersebut juga mampu mendatangkan investor atau suntikan dana dari pihak lain tentunya.

Hasilnya adalah pendapatan setiap developer game terus meningkat dengan tajam. Di tahun 2020 ini, ada banyak game android populer di seluruh dunia. Tentu saja pendapatannya juga meningkat seiring dengan berkembangnya waktu. Lalu game apa saja yang saat ini memiliki kekayaan paling besar pada 2020?

PUBG Mobile

PUBG Mobile atau Player Unknown Battle Ground Mobile menjadi permainan online paling populer sekaligus paling kaya pada tahun 2020 ini. Sejak beberapa tahun lalu PUBG Mobile telah menjadi permainan online dengan pendapatan paling besar. Hal tersebut memang cukup beralasan mengingat PUBG memiliki banyak player.

Menurut data dari Sensor Tower, PUBG Mobile mengalami kenaikan pendapatan cukup besar jika dibandingkan dengan tahun 2019. Pada Mei 2020, pendapatan PUBG Mobile bahkan menyentuh angka 226 juta dollar AS. Angka tersebut cukup fantastis hanya dalam waktu 1 bulan saja dimainkan.

Terhitung sejak November 2020, pendapatan PUBG Mobile berada di angka 1,6 milliar dollar AS. Cukup banyak jika melihat ini merupakan sebuah permainan online. Pendapatan tersebut didapatkan dari banyaknya total download dan investasi. Apalagi dengan beberapa turnamen yang diselenggarakan membuatnya menjadi semakin populer dan kaya.

Sejak pertama kali dirilis pada 19 Maret tahun 2018 lalu, PUBG menjadi pesaing kuat industri game online. Bahkan menjelang akhir Desember 2020, ada total download lebih dari 100 juta kali di Google Playstore. Itu belum termasuk dari total download di Appstore yang juga memberi kontribusi sangat besar.

India menjadi negara dengan player PUBG paling banyak di dunia dengan sumbangan lebih dari 35%. Kemudian pada posisi kedua ada Mesir dengan sumbangan player lebih dari 7% dari total player dunia. Selebihnya para player tersebar ke seluruh dunia dan Indonesia juga termasuk didalamnya.

Gerena Free Fire

Sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa Free Fire menjadi game kedua dengan pendapatan terbesar. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir ada banyak pertentangan antara player Free Fire dengan player game lain. Free Fire dianggap kurang baik dalam hal detail grafis dan detail objek pada fitur game

Namun siapa sangka bahwa salah satu game Battle Ground tersebut mampu menghasilkan pendapatan cukup besar. Data dari Sensor Tower terhitung sejak November 2020 menyebutkan bahwa Free Fire mendapatkan keuntungan sebesar 395 juta dollar AS. Tentu angka yang tidak kecil mengingat FF sering dipandang sebelah mata.

Free Fire telah rilis sejak 2 November 2017 lalu dan langsung membuat banyak orang tertarik, terutama kalangan anak-anak. Gameplay yang mudah dipahami dan dimengerti membuat banyak anak-anak lebih memilih Free Fire daripada PUBG Mobile. Tidak heran kemudian ada banyak unduhan aplikasi pada Google Playstore.

Hingga Desember 2020, ada lebih dari 500 juta kali download pada Google Playstore. Untuk November 2020 saja sudah ada lebih dari 1 juta kali download di berbagai platform. Hal tersebut menunjukkan bahwa Free Fire memang memberikan pengalaman bermain tersendiri. Setidaknya bagi sebagian kalangan orang.

Bahkan, pada Google Playstore saja ada lebih dari 71 juta ulasan dengan total nilai 4,3 bintang. Meskipun memiliki file size cukup besar, yaitu 668 MB, namun faktanya Free Fire menjadi salah satu game favorit. Bahkan sempat dalam beberapa waktu lalu menjadi game favorit Google Playstore.

Knives Out

Mungkin di Indonesia masih banyak orang belum mengerti permainan satu ini. Bisa dikatakan bahwa Knives Out merupakan kloningan dari PUBG Mobile. Meskipun demikian, Knives Out pernah menjadi game Battel Royale dengan pendapatan cukup tinggi. Bahkan mengalahkan PUBG Mobile dan Fortnite pada 2018 lalu.

Perkembangan pesat PUBG Mobile memang menjadi momentum yang sangat baik bagi developer lain untuk menyajikan game sejenis. Hasilnya memang sesuai ekspektasi seperti Knives Out tersebut. Knives Out mampu menyaingi beberapa permainan online sejenis. Saat ini Knives Out lebih populer di Jepang daripada China.

Laporan dari Sensor Tower menyebutkan bahwa Knives Out mendapatkan keuntungan sekitar 367 juta dollar AS. Angka tersebut tentu saja cukup besar mengingat Knives Out hanya sebuah kloning dari PUBG Mobile. Di Indonesia sendiri Knives Out masih belum terlalu populer jika dibandingkan dengan Battle Royale lain.

Terhitung sejak Desember 2020, ada sekitar 10 kali juta download pada Google Playstore. Ada sekitar 517 ribu ulasan dengan nilai rata-rata sebesar 3,4 bintang. Cukup rendah memang karena saat permainan berlangsung sering terjadi lag server. Namun Knives Out bisa dijadikan alternatif lain sebagai game Battle Royale.

Game Fortnite

Game Battle Royale keempat dengan pendapatan terbesar adalah Fortnite dari Epic Games. pertama kali diluncurkan ke publik pada 15 Maret 2018 dan langsung menjadi populer di tanah kelahirannya. Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah player Fortnite terbesar di dunia saat ini.

Awalnya pihak developer mengungkapkan bahwa Fortnite tidak akan rilis dalam bentuk ringan. Artinya perlu spesifikasi perangkat keras cukup tinggi supaya bisa memainkannya. Namun tentu tidak masalah mengingat bahwa saat ini hampir semua ponsel sudah memiliki spesifikasi kuat. Setidaknya untuk bermain game Battle Royale.

Salah satu yang membuat Fortnite mendapatkan kekayaan cukup besar adalah karena pesona dan euforia turnamen. Fortnite World Cup adalah turnamen tahunan yang biasa digelar dan mempertemukan player Fortnite dari seluruh dunia. hadiahnya cukup besar sehingga menarik banyak perhatian dari semua player dunia.

Namun sayangnya saat ini Fortnite dihapus dari Google Playstore dan Appstore. Hal tersebut membuat Fortnite tidak bisa ditemukan dan harus menunggu beberapa saat. Konflik antara kedua perusahaan membuat Fortnite harus dihapus dari kedua toko aplikasi tersebut.

Call of Duty (COD) Mobile

Game Battel Royale terakhir yang memiliki pendapatan cukup besar adalah Call of Duty. COD Mobile berbeda dengan game Battle Royale lain karena menyediakan file size cukup besar. Aplikasi ini memiliki file size sebesar 1,7 GB dan sudah di unduh lebih dari 100 juta kali.

Pada bulan November 2020 saja pendapatan Call of Duty menyentuh angka 12 juta dollar AS. Pendapatan tersebut cukup membuatnya menjadi salah satu game dengan pendapatan terbesar. Meskipun sejak awal November hingga Desember mengalami penurunan rangking, namun tetap mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan terbesar didapatkan dari total download dan total install Call of Duty. Menariknya lagi adalah negara dengan penyumbang player terbesar adalah Brazil. Ulasan pada Google Playstore disah diberikan sebanyak 2 juta kali. Hal tersebut membuatnya memiliki nilai rating rata-rata pada angka 4,4 bintang.

Industri game memang memberikan banyak kejutan setiap saat. Bukan hanya para player yang mampu mendapatkan berbagai keuntungan berlimpah, namun para developer juga mendapatkannya. Faktanya, developer game mendapatkan keuntungan cukup besar dalam beberapa tahun terakhir. Terutama sejak mulai berkembangnya persaingan dalam industri permainan mobile.