Perubahan teknologi saat ini juga menyentuh perkembangan games dan event game internasional. Hari-hari ini untuk memainkan sebuah game dapat dilakukan dengan sangat mudah. Game paling dekat didapatkan bisa melalui smartphone atau ponsel cerdas. Dengan dikemas dalam desain grafis yang semakin menarik untuk para pecinta game di seluruh dunia.

Para perusahaan game selalu melakukan perkembangan secara terus menerus untuk bisa bersaing. Melihat sejarah panjang game dari awal sampai di tangan kita dengan mudah tampaknya teknologi cukup berperan besar. Mengingat bahwa game di jaman dulu memiliki banyak kekurangan, sehingga saat ini game menjadi cukup populer.

Bahkan membuat game dan bermain game dianggap bukan sesuatu kegiatan yang tidak baik lagi. Banyak orang yang bisa menghasilkan pendapatan dari game. Lambat laun, game dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan di dunia. Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak gamers (pemain game) yang muncul di permukaan .

Selain itu, acara-acara yang dibuat untuk menunjukkan kemampuan masing-masing pemain juga belum cukup banyak di Indonesia. Oleh karena itu, para pemain di Indonesia ini ingin sekali bisa menyentuh salah satu pertandingan atau acara yang diselenggarakan secara international dan bergengsi tersebut.

Setiap tahunnya ada banyak acara yang diselenggarakan. Bahkan seperti masa pandemi seperti saat ini tetap diadakan sebuah acara besar game kelas dunia. Event game Internasional tersebut dikemas dengan sedemikian rupa demi menghasilkan pemain-pemain berkualitas dengan perubahan game setiap waktunya.

Perkembangan Game di Mata Dunia

Awal mula game yaitu pada tahun 1950 dan ada beberapa Universitas yang menjadi tempat awal perkembangan game. Universitas tersebut adalah Universitas Manchester (Manchester Mark 1), Universitas Cambridge (EDSAC), Universitas Pennsylvania (EDVAC), serta Universitas Princeton (mesin IAS).

Pada awal mula game memiliki tiga kategori yang sengaja dibuat demi mendapatkan tujuan dari masing-masing game nya. Program penelitian, program pelatihan dan pengajaran, dan program demonstrasi yang berfungsi untuk menghibur masyarakat.

Sama seperti tujuan awalnya yaitu untuk membuat sesuatu yang dapat menghibur masyarakat, lantas game memang dikesan sangat menarik. Cara bermain di awal perkembangan game pun berkesan sangat ringan dan mudah tidak seperti yang ada saat ini di event game internasional.

Game sempat mengalami keterpurukan di Amerika, dan akhirnya negara Jepang memulai sebuah industri game dengan merilis Nintendo’s Family Computer (“Famicom”) yang sampai saat ini terus melakukan perkembangan dan masih mendapatkan kedudukan cukup tinggi di hati para pecinta game seluruh dunia.

Kini bermain games tidak lagi membutuhkan alat khusus seperti Nintendo tersebut. Karena perkembangan teknologi akhirnya berbagai kalangan dapat bermain game dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan pembelian atau pembayaran. Meskipun beberapa game sebenarnya memiliki kualitas yang berbeda ketika dibeli.

Tak segan-segan hanya membuat game, para perusahaan pun berusaha untuk membuka sebuah event game internasional untuk menampilkan masing-masing tim terbaik sampai game terbaik setiap tahunnya. Tentu acara ini diselenggarakan di negara besar dan dikunjungi atau diikuti oleh banyak pemain dari seluruh dunia yang tak terhitung jumlahnya.

Ajang Dota Paling Bergengsi – The International 2020

Salah satu event game internasional terbesar saat ini adalah ajang pertandingan pemain dota yaitu The International 2020. Tampaknya permainan Dota bukan suatu ha lasing lagi di telinga masyarakat dunia dan para pecinta game. Ajang paling bergengsi ini akan diikuti oleh banyak sekali tim dari seluruh dunia.

Pertandingan luarbiasa yang akan menghasilkan satu dari para pemain terbaik selama pertandingan tersebut. Acara tahunan ini seperti cukup banyak ditunggu oleh para pecinta game. Stockholm masih menjadi tempat pilihan untuk menyelenggarakan ajang pertandingan terbesar tahun 2020 ini.

Tepatnya pada pertengahan bulan Agustus, para pemain harus menunjukkan kemampuan terbesar yang sudah diasahnya untuk bisa menghadapi tim musuh. Dota Pro Circuit 2020 memiliki susunan acara yang cukup padat, sehingga mau tidak mau para pemain harus mempersiapkan kemampuan paling terbaiknya.

The International 2020 merupakan sebagai event game internasional penutup dari rangkaian Dota Pro Circuit tersebut. Untuk berhasil menjadi pemenang, pemain harus bermain dalam game major maupun minor dan mengumpulkan poin DPC sebanyak-banyaknya. Kemudian hanya ada 12 slot tim yang memiliki poin DPC terbanyak berhak aman di slot The International.

Melihat kemampuan para pemain di Indonesia, tampaknya beberapa tim yang sudah banyak berjuang di Asia Tenggara untuk bisa masuk dalam The International 2020 semakin mengasah kemampuan. Meskipun hanya segelintir tim yang dapat masuk dalam ajang bergengsi dan terbesar ini.

EVO 2020 – Event Game Fighting

Selain The International 2020, salah satu event game internasional yang tak kalah populer yaitu EVO 2020. EVO 2020 adalah kompetisi game dalam dunia fighting. Acara ini sudah cukup lama berlangsung, bahkan di tahun 2020 menjadi yang ke-15 kalinya acara ini dibuat untuk para pemain di seluruh dunia.

Permainan yang mengandalkan adu otot ini terasa lebih panas dan menegangkan. Event ini pun masih tetap dilaksanakan di Las Vegas selama 15 tahun. Rasa panas dalam acara adu otot 2019 masih terasa, namun tetap menjadi idaman oleh para pecinta game di seluruh dunia pada tahun 2020.

Tepatnya pada tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2020 game EVO diselenggarakan di Mandalay Bay Resort and Casino, Las Vegas. Thriller yang sudah dimunculkan pada link Youtube membuat para pemain berusaha kuat mengasah lebih lagi kemampuannya. Tidak hanya sekedar bermain adu otot, tetapi rencana perilisan game ini pun menjadi kabar baik.

Bahkan peraturan baru yang dibuat dalam event game internasional ini cukup membuat para pecinta game berdebar-debar dan tak sabar menantinya. Ajang ini cukup kuat untuk disebut menjadi acara terbesar game tahunan yang tak kalah populer dibandingkan game lainnya saat ini.

Acara Tahunan Game Awards 2020

Tidak melulu soal pertandingan game yang digelar untuk menunjukkan kemampuan setiap tim, maka ada juga acara terbesar untuk cooling down atau istirahat sejenak dari hiruk pikuk dan debar-debar pertandingan yaitu Game Awards 2020. Pada acara ini para pemain tidak sudah ditetapkan menjadi pilihan di hati para pecinta game.

Pasalnya, acara ini dibuat untuk menunjukkan dan memberi penghargaan dari panitia penyelenggara bagi para pemain yang sudah sangat berusaha dan bekerja keras pada setiap event game internasional setiap tahunnya. Akan ada banyak kategori yang masuk pada acara ini dengan pemain terbaik pilihan.

Setiap tahunnya, para pecinta game ingin mengetahui siapakah yang menjadi terbaik dari terbaik pada setiap kategori. Karena ini adalah menunjukkan seberapa besar Perusahaan game tersebut melakukan usaha untuk bisa ada di posisi hati masyarakat seluruh dunia seperti Indonesia.

Acara ini pun akan membuat para perusahaan game sampai pemain semakin giat berlatih dan berusaha guna mendapatkan awarding di kemudian hari.

Pameran Game Terbesar Dunia Gamescom 2020

Jika Game Awards 2020 menjadi acara rehat dari kompetisi antar tim, maka selanjutnya ini ada Gamescom 2020 yang tetap menarik meskipun tidak melakukan kompetisi. Di acara ini para pecinta game akan melihat bagaimana perusahaan menampilkan game terbaik di acara pameran game ini.

Beberapa negara yang memiliki pecinta game terbesar sangat memperhatikan keinginan dari setiap pemainnya, seperti pemain ingin melihat kemunculan game baru-baru ini. Lewat event game internasional terbesar yaitu Gamescom ini dapat melihat berbagai game yang ada pada tahun tersebut dan game terbaik.

Acara ini digelar di Eropa, tepatnya di negara Jerman. Bahkan tidak hanya menampilkan game yang sudah ada, namun pada acara ini pun akan ditampilkan rencana perilisan game dari setiap negara yang terpilih. Dengan begitu, para pemain atau pecinta game bisa mempersiapkan setiap keinginan untuk memulai game yang baru.

Pertunjukan Perusahaan Game di Electronic Entertainment Expo 2020

 Mungkin beberapa pecinta game masih merasa kurang dengan beberapa ajang diatas, oleh karena itu event game internasional terbesar lainnya yang akan diselenggarakan di tahun 2020 adalah Electronic Entertainment Expo 2020. Meski tampak serupa dengan Gamescom, namun ada sesuatu yang berbeda pada ajang tersebut.

Pada ajang ini semua perusahaan game akan menampilkan yang terbaik guna mendapatkan hati para pecinta game seluruh dunia. Bahkan keinginan terbesar untuk mengejutkan para pengunjung yang datang lewat pertunjukkan masing-masing perusahaan akan semaksimal mungkin dilakukan.

Ajang terbesar ini pun sangat dinanti oleh para semua hardcore dari seluruh dunia. Pasalnya permainan atau game yang dipamerkan dari semua kategori dan level dari terpopuler sampai sedikit peminatnya. Ini adalah usaha yang dilakukan guna meningkatkan citra dari masing-masing game di event internasional tersebut.

Melihat begitu panjang sejarah game dan semakin banyaknya kemunculan game akhir-akhir ini membuat peminat game pun semakin tinggi. Tanpa memperdulikan jenis kelamin sampai latar belakang, game semakin hari terus dicintai. Sehingga para perusahaan game harus lebih giat lagi membuat event game internasional terbaik setiap tahunnya.