Sejak Riot Games mengumumkan untuk mengeluarkan League of Legend versi mobile pada akhir tahun 2019 lalu, banyak komunitas gamer menyatakan ketertarikannya. League of Legend atau LOL memang menjadi salah satu MOBA game yang cukup populer. Terutama untuk versi PC atau konsol game serupa.

Hadirnya dalam versi mobile sangat disambut karena LOL memang salah satu MOBA yang populer. Setiap tahun ada turnamen besar yang diselenggarakan dengan mempertemukan berbagai tim dari seluruh dunia. Daya tarik seperti ini yang membuat nama LOL menjadi semakin populer, terlebih lagi dengan besarnya hadiah turnamen.

Dengan hadirnya dalam versi mobile, diharapkan para gamer mobile juga merasakan keseruan dari League of Legend : Wild Rift tersebut. Namun sebelum Anda memainkan game tersebut, tentu perlu mengetahui beberapa fakta menariknya terlebih dahulu. Lalu apa saja fakta menarik dari game produksi Riot Games tersebut?

Ada 42 Champions Siap Pakai

Sejak open beta pada September hingga Oktober lalu, pemain sudah bisa merasakan dan menikmati 42 Champions yang sudah disediakan. Champions adalah sebutan bagi hero atau karakter pada MOBA produksi Riot Games. Disini Anda akan merasakan permainan yang cukup menarik dengan hadirnya 42 Champions awal.

Jika dalam versi PC, Champions League of Legends sudah mencapai 140 karakter dan sudah termasuk roaster. Jika konsep versi mobile tersebut mengikuti pada versi PC, maka bukan tidak mungkin nanti akan ada banyak Champions baru yang hadir. Terutama Champions yang memiliki skill kuat dan tangguh.

Untuk membuka setiap Champions, player bisa menukarkan koin atau RP dengan jumlah tertentu. Anda tidak perlu khawatir karena membuka Champions baru di Wild Rift cukup mudah daripada MOBA lain. Hadiah atau rewarding dari setiap battle untuk mengumpulkan poin jauh lebih banyak dan cepat.

League of Legend : Wild Rift juga memberikan beberapa role yang bisa dinikmati. Jungle, Top Lane, Mid Lane, ADC (Attack Damage Carry), dan Support adalah beberapa role yang bisa dimainkan. Jika dilihat dari kategori role tersebut, memang terasa cukup berbeda dengan MOBA mobile lain.

Namun meskipun ada sedikit perbedaan, player MOBA versi mobile tentu tidak akan lama memahaminya. Apalagi setiap role memiliki karakteristik dan gameplay permainan yang sama dengan MOBA lain. Anda bisa mempelajari setiap fungsi skill setiap hero. Dengan begitu Anda bisa memainkannya dengan leluasa.

Pentingnya Kemampuan Last Hits

Riot Games tetap menerapkan konsep last hits yang ada pada versi PC ke dalam versi mobile. Kemampuan last hits memang menjadi sangat penting dalam permainan ini. Dengan mendapatkan last hits kepada creep, maka Champions bisa mendapatkan gold lebih banyak. Hal tersebut sangat penting untuk keunggulan tim.

Setiap pemain harus mampu menguasai momentum kapan harus melakukan serangan demi mendapatkan last hits. Apalagi, net worth pemain akan sangat dipengaruhi dengan kemampuan tersebut. Jadi jika Anda memilih menjadi seorang carry, maka Anda harus memahami kapan harus melakukan serangan pada creep.

Namun jika Anda memainkan karakter support, Anda cukup mengikuti carry tim demi tetap mendapatkan gold dan EXP. Tugas support adalah memberikan dukungan kepada carry tim supaya mendapatkan banyak gold. Dengan begitu, carry memiliki cukup gold untuk membeli core item demi meningkatkan kesempatan menang.

Seperti yang sudah diketahui dalam permainan MOBA, perolehan gold sangat penting bagi gameplay tim. Perolehan gold yang tinggi menjadi poin penting karena berguna untuk membeli item. Jika semua item sudah dibeli sebelum item musuh lengkap, maka besar kemungkinan tim Anda mampu mendapatkan kemenangan.

Jungle dan Fungsinya

Fungsi jungle dalam League of Legend : Wild Rift ternyata cukup berbeda dengan game sejenis. Dalam permainan ini, jungle justru tidak terlalu banyak memberikan buff kepada Champions. Hanya saja gold dan EXP yang diberikan oleh jungle lebih besar. Jadi jungle tetap memiliki fungsi yang sangat penting.

Para jungler memiliki peran untuk melakukan penculikan atau ganking kepada core lawan. Hal tersebut akan lebih efektif jika jungler ditemani oleh seorang roamer. Melakukan skema mendekati lawan secara diam-diam dan kemudian menculiknya. Hal seperti ini sangat penting demi menahan core lawan mendapatkan EXP.

Ditambah lagi seorang jungler juga bertugas mencuri jungle lawan. Seperti yang sudah Anda ketahui, meskipun jungle tidak memberikan banyak buff, namun tetap memberikan banyak gold dan EXP. Mencuri jungle lawan memiliki tujuan untuk menahan lawan mendapatkan gold dan EXP demi naik level atau membeli item.

Salah satu yang membedakan antara jungle LOL : Wild Rift dan jungle MOBA lain terletak pada Baron dan Dragon. Kedua monster tersebut mirip seperti Lord dan Turtle yang biasa Anda jumpai pada Mobile Legends. Kedua monster tersebut juga perlu dibunuh untuk menambah perolehan gold dan EXP.

Namun uniknya adalah, Baron yang sudah Anda bunuh tidak akan bangkit dan membantu menyerang base lawan. Namun buff kepada wave creep tetap diberikan dengan kemampuan dan daya tahan lebih besar. Karena itu, jika Anda ingin segera memenangkan permainan, membunuh Baron dan Dragon adalah solusinya.

Item dan Gameplay Sederhana

Sejak pengumuman hadirnya League of Legend dalam bentuk mobile, Riot Games telah berjanji memberikan gameplay lebih sederhana. Hal tersebut akhirnya ditepati oleh Riot Games dengan memberikan sebuah gameplay lebih sederhana. Contoh kecilnya adalah pada fungsi item dalam shop yang lebih mudah dipahami.

Build attack dan defence pada setiap item cukup mudah dipahami, bahkan bagi pemain awam sekalipun. Apalagi setiap build memiliki harga gold cukup rendah jika dilihat dari versi PC. Nilai gold yang diubah ini memberikan kesempatan bagi setiap pemain. Terutama untuk memiliki pola pembelian item sendiri.

Sedangkan untuk efek skill khusus terletak pada item enhancement yang ada pada sepatu. Efek setiap build unik ini bisa disesuaikan dengan role Champions yang Anda mainkan. Jadi tidak bisa sembarangan memilih build sepatu terhadap role Anda. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan setiap skill.

League of Legend : Wild Rift memang sudah bisa dimainkan oleh sebagian besar player di seluruh dunia. Sambutan hangat terus berdatangan meskipun beberapa komunitas gamer menganggap Wild Rift masih terlalu PC. Namun terlepas dari semua itu, Riot Games sudah mampu memenuhi janjinya akhir tahun 2019 lalu.