Seperti yang diketahui, aktivitas gaming sekarang ini tidak hanya dijadikan sebagai hiburan saja tetapi juga kebutuhan. Sehingga tidak heran jika semakin banyak orang yang suka bermain game baik offline maupun online. Jika dulu, bermain game hanya bisa dilakukan melalui komputer atau konsol sekarang Anda bisa memainkannya melalui smartphone. Lantas, apa saja pilihan smartphone gaming murah?

Berbicara tentang smartphone untuk gaming, sekarang sudah banyak sekali dijumpai berbagai macam merek yang dijual dengan harga berbeda-beda. Namun, biasanya semakin bagus spesifikasi dan performa yang ditawarkan harga jualnya juga semakin mahal. Nah, untuk Anda yang tengah bingung mencari smartphone untuk memperlancar aktivitas gaming, berikut beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Smartphone Gaming Murah Terbaik 2020

  • Xiaomi Mi 8

Mencari smartphone gaming dengan harga di bawah 2 jutaan memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya, banyak Hp gaming di pasaran yang dijual mulai dari 5 jutaan. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir jika masih memiliki bujet minim, karena Xiaomi Mi 8 hadir untuk mengatasi kegelisahan Anda dan membuat aktivitas gaming tetap lancar. .

Seperti yang diketahui, HP gaming 3 jutaan merek Xiaomi ini telah dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 845 yang tidak perlu diragukan lagi performannya. Selain itu, Xiaomi Mi 8 juga sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 6GB sehingga Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah kinerjanya. Menariknya lagi, HP ini tidak mudah panas jika digunakan untuk bermain game berat.

  • Vivo Z1 Pro

Rekomendasi produk smartphone gaming murah selanjutnya yang harganya di bawah 2 juta adalah Vivo Z1 Pro. Bagi Anda pecinta game mobile sejati tentu sudah tidak asing dengan HP Vivo seri yang satu ini. Tidak kalah dengan smartphone sebelumnya, HP merek Vivo ini juga memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satu keunggulannya yaitu pada bagian layarnya yang memiliki ukuran lumayan besar.

Selain itu, Vivo Z1 Pro juga menawarkan keunggulan lain yakni pada bagian prosesornya. Seperti yang diketahui, prosesor yang digunakan yaitu Snapdragon 712 Soc yang akan membuat aktivitas gaming Anda berjalan lancar tanpa kendala. Hp ini juga didukung dengan mode gaming 5.0 sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mendownloadnya. Saat ini Vivo Z1 Pro dijual seharga 1,5 jutaan saja.

  • Infinix NOTE 7

Salah satu merek smartphone yang bisa dikatakan cukup eksis di tahun 2020 adalah Infinix NOTE 7. Merek yang satu ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang mencari smartphone gaming murah namun dengan kualitas dewa. Perlu diketahui, smartphone ini telah menjadi salah satu jajaran HP gaming terbaik karena dilengkapi dengan chipset yang mengesankan yakni MediaTek Hello G70.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika prosesor mediaTek Hello G70 dapat memberikan performa terbaik pada smartphone terutama pada saat digunakan untuk bermain game.

Dengan ukuran layar yang hampir mencapai 7 inci, dijamin aktivitas gaming yang Anda lakukan semakin puas dan menyenangkan. Nah, bagi Anda yang penasaran, Infinix NOTE 7 dijual seharga 2,5 jutaan saja. Cukup terjangkau untuk kelas smartphone gaming, bukan?

  • OPPO A52

Jika dibandingkan dengan merek-mereka sebelumnya, HP gaming yang satu ini memang dijual dengan harga yang lumayan mahal. Nah, saat ini harga jualnya di pasaran hampir menembus angka 3 jutaan. Namun, meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena spesifikasi dan performa yang dihadirkan dijamin membuat Anda beruntung memilikinya.

Pada bagian performa, smartphone gaming murah ini sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 665 dengan RAM berkapasitas 4GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya yaitu berukuran 128GB. Untuk kapasitas baterainya sendiri, OPPO A52 ini sudah dilengkapi dengan daya sebesar 5000 mAh. Sehingga dijamin hemat saat digunakan untuk bermain game.

  • Samsung Galaxy A50

Tidak mau kalah dengan kompetitornya, Samsung juga menghadirkan smartphone gaming murah dengan harga 2 jutaan. Samsung Galaxy A560 merupakan salah satu Hp gaming ditenagai dengan chipset Exynos 9610 yang jarang dijumpai pada ponsel Galaxy dengan harga terjangkau. Untuk seri ini tersedia dalam 2 pilihan yang mana masing-masing memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda.

Pada bagian dayanya, Samsung Galaxy A50 memiliki kapasitas baterai 4000 mAh yang mana jika dipakai dalam kondisi normal dapat bertahan seharian penuh. Sedangkan jika digunakan untuk bermain game berat, Hp gaming ini sedikit memakan daya. Untuk Anda yang tertarik memilikinya, harga Samsung Galaxy A50 di pasaran yaitu Rp 2.100.000 saja. 

Tips Agar Main Game di Smartphone Tetap Lancar

  • Matikan Aplikasi yang Aktif

Setelah membahas tentang pilihan smartphone gaming murah terbaik, maka selanjutnya kita perlu mempelajari bagaimana cara agar HP tidak lemot saat digunakan untuk bermain game. Salah satu tips yang bisa Anda lakukan agar aktivitas gaming tetap lancar yaitu mematikan aplikasi yang sedang aktif.

Seperti yang diketahui, smartphone akan cenderung lambat dan berat saat banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan. Hal tersebut terjadi karena memakan banyak sekali RAM sehingga mengganggu performanya. Selain performa dari smartphone terganggu, baterai ponsel Anda juga akan lebih mudah habis. Oleh karena itu, pastikan jangan terlalu membuka banyak aplikasi saat bermain game.

  • Jangan Charging saat Bermain

Tahukah Anda salah satu hal yang tidak boleh dilakukan namun seringkali disepelekan yaitu charging pada saat bermain game. Perlu diketahui, hawa panas yang muncul pada saat HP di charging akan membuat performanya justru semakin melambat. Bahkan jika hal tersebut sering dilakukan, justru Anda akan lebih mudah mengalami masalah lagging parah.

Selain itu, bermain game saat di charging akan membuat smartphone gaming murah Anda lebih cepat rusak. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Oleh karenanya jangan lupa untuk selalu menggunakan kabel charging yang asli atau original agar tidak merusak smartphone kesayangan Anda.

  • Restart Game

Jika Anda seringkali mengalami lagging pada saat bermain game maka solusi yang bisa dilakukan yaitu me-restart game. Tanpa disadari, me-restart game ternyata juga dapat meringankan-performa dari smartphone Anda.

Setelah me-restart game, sebaiknya untuk mendiamkannya selama 10 menit. Biarkan smartphone Anda beristirahat sejenak dan tunggu hingga benar-benar dirasa sudah cukup. Jika sudah, Anda bisa menyalakannya kembali.

Bermain game memang menjadi hal yang sangat menyenangkan apalagi jika dilakukan melalui smartphone kesayangan. Selain lebih nyaman, Anda juga bisa memainkannya di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan. Namun, perlu diingat pastikan bermain game sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Itulah beberapa informasi seputar rekomendasi smartphone gaming murah terbaik beserta tips agar bermain game tidak lambat. Dengan menerapkan beberapa tips yang sudah di atas, aktivitas bermain game Anda semakin menyenangkan. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!