Bermain game saat ini lebih banyak mengharuskan pemainnya mengunduh terlebih dahulu atau membeli voucher untuk dapat bermain online. Hal ini tentu akan membuat lebih berat meskipun itu hobi. Untuk dapat bermain lama, maka harus pandai menyisihkan uang. Nah, jika Anda menyukai permainan yang ber-genre action, ada satu game yang dapat dimainkan secara offline lho.

Meskipun tanpa menggunakan jaringan internet, permainan ini tetap menantang untuk dimainkan. Counter-Strike Global Offensive. Siapa sih yang belum tahu permainan ini? Jika Anda adalah gamer pasti tidak asing dengan game ini. Namun, jika masih pemula, mencoba main Counter-Strike Global Offensive versi offline tentu tidak ada salahnya bukan? Begini cara menyiapkan permainan ini agar dapat bermain gratis.

Cara Install dan Main Counter-Strike Global Offensive

  1. Spesifikasi komputer

Sebelum memainkan Counter-Strike Global Offensive, tentu saja menyiapkan komputer atau laptop yang akan digunakan untuk mengunduh. Spesifikasi minimum dari komputer atau laptop yang dapat digunakan untuk mengunduh game ini yaitu memiliki sistem operasi Windows 7/Vista/XP. Tentu jika lebih tinggi dari ini akan lebih bagus. Prosesornya minimal yaitu Intel CoreTM 2 Duo E6600 atau yang lebih tinggi.

Untuk dapat bermain dengan baik, sebaiknya pilih RAM yang lebih dari 2GB dengan sisa penyimpanan 15GB atau lebih maka akan lebih baik. Penggunaan komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi ini merupakan salah satu strategi marketing Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment selaku pengembangnya. Dimana awalnya game ini hanya dapat dimainkan secara online bersama teman-teman.

Permainan Counter-Strike yang dirilis secara offline ini benar-benar tidak dapat dimainkan secara online juga. Jadi, pengguna bertarung dengan bots. Meskipun begitu, untuk Anda yang masih newbie pasti akan menyukai game tembak menembak ini. Nah, setelah mengetahui spesifikasi komputer ataupun laptop yang digunakan, saatnya untuk menginstal dan main Counter-Strike Global Offensive.

  • Menginstal Counter-Strike Global Offensive

Berikutnya setelah menyiapkan komputer ataupun laptop yang sudah sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk mengunduh game Counter-Strike Global Offensive adalah menginstalnya. Terlebih dahulu Anda mengunduhnya pada website STEAM, yang merupakan website resmi dari game ini. Untuk itu, pastikan jaringan komputer stabil dan tidak lemot.

Ketika Anda selesai mengunduhnya, file akan yang didapatkan akan berbentuk WinRAR. Untuk itu perlu dilakukan ekstrak file terlebih dahulu. Pilihlah folder partisi yang telah Anda siapkan, kemudian ekstrak filenya menggunakan aplikasi WinRAR. Selanjutnya, klik file setup.exe untuk menginstal game hingga selesai.

Jika sudah selesai, langkah berikutnya yaitu klik kanan file revloader.exe lalu klik Run As Administratornya. Setelah tahap ini selesai, waktunya mulai main Counter-Strike Global Offensive. Pilih menu Play kemudian klik play with bot untuk mode offline ini. Sebagai pemain baru di game ini, tentu Anda akan menemukan berbagai kesulitan saat memainkannya. Namun, semakin lama memainkannya maka akan semakin nagih.

Untuk itu, perlu berbagai macam strategi yang perlu Anda kuasai agar mampu bermain baik layaknya gamer pro. Berikut tips untuk cara main Counter-Strike Global Offensive agar mudah menang dan cepat naik tingkat.

Cara Main Counter-Strike Global Offensive

  1. Mengatur konfigurasi Crosshair

Sebelum memainkan game ini tentu saja beberapa pengaturan harus Anda lakukan agar dapat bermain dengan nyaman dan tidak mengalami kesulitan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan yaitu mengatur konfigurasi Crosshair dengan tepat. Apa sih Crosshair? Jika Anda pemain lama pasti mengetahui apa fungsi ini, Namun untuk pemula wajib tahu. Fungsi ini adalah untuk mengatur agar tembakan tepat sasaran.

Ketika Anda dapat menembak sasaran dengan tepat pasti akan lebih menyenangkan bukan? Nah, untuk itu perlu dilakukan konfigurasi fungsi ini terlebih dahulu agar Anda nyaman dan tepat sasaran saat menembakkan senjata ke musuh.

  • Mengenali jenis senjata

Permainan Counter-Stike merupakan jenis aksi yang tembak menembak. Hal ini tentu saja akan ada banyak pilihan senjata yang disediakan pada menu. Untuk itu, Anda harus mengenali senjata-senjata tersebut dengan baik agar tepat saat penggunaannya. Senjata yang ada di game ini misalnya Deagle, AK 47, granat dan AWP. Pengetahuan ini akan mampu membuat Anda dapat bermain dengan tepat dan cermat.

  • Mengenali medan permainan

Jenis permainan aksi tembak menembak ini umumnya selalu memiliki setting tempat yang berbeda-beda dengan dominasi bangunan dan jalanan. Untuk itu, Anda harus mengenali medan permainan dengan baik. Tujuannya adalah sebagai tempat sembunyi saat akan ditembak oleh musuh ataupun mencari musuh-musuh yang bersembunyi di balik dinding. Pengetahuan ini tentu akan memudahkan Anda menembak musuh.

Tidak hanya itu, dengan mengenali medan permainan Anda akan dapat mengembangkan strategi yang tepat saat berhadapan dengan musuh. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah terkalahkan dalam main Counter-Strike Global Offensive.

  • Mengendap

Permainan yang seperti petak umpet ini mengharuskan Anda untuk jalan mengendap dan pelan-pelan. Hal ini untuk memudahkan gerakan refleks ketika musuh muncul secara tiba-tiba. Selain itu, juga akan memudahkan Anda untuk berlindung ataupun menembak terlebih dahulu pada musuh. Permainan yang dikemas seperti di medan perang nyata ini akan timbul suara kaki ketika berjalan dengan cepat.

Untuk tetap dapat mempertahankan nyawa Anda harus bermain hati-hati selain tetap waspada dan siap menembak ketika muncul musuh. Tidak hanya itu, Anda juga harus mampu melatih kecepatan tangan untuk mengganti gerak karakter dan menembakkan senjata.

  • Arah Crosshair dengan tepat

Crosshair adalah mata tembak yang diarahkan kepada musuh. Untuk itu, saat Anda berjalan mengendap atau perlahan sebaiknya posisikan arah crosshair lurus ke depan. Sebaiknya tidak mengarahkan ke bawah atau ke atas Hal ini untuk membantu memudahkan gerak reflek menembak Anda saat musuh tiba-tiba muncul di depan sehingga dapat bertahan.

Selain itu, pilihlah Crosshair dengan ukuran yang kecil. Hal ini untuk memudahkan Anda menembak dengan jitu dan melihat musuh. Crosshair yang terlalu besar akan menyulitkan Anda melihat dan menembak musuh. Cara ini akan membuat Anda main Counter-Strike Global Offensive layaknya gamer pro.

  • Tetap waspada

Kegiatan main Counter-Strike Global Offensive ini sesungguhnya dapat mengasah tingkat kewaspadaan dan konsentrasi mata Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengenali musuh yang keluar tiba-tiba dan menembakkan peluru.

  • Sering memainkannya

Meskipun merupakan permainan yang disajikan pada layar monitor, melatihnya adalah hal yang wajib. Hal ini karena permainan ini mampu melatih otot untuk dapat bergerak cepat dengan efek reflek yang baik, maka harus dilatih sesering mungkin. Tidak hanya itu, untuk dapat menggerakkan karakter dengan sigap sebaiknya Anda tidak sering mengganti pengaturan game.

Hal ini karena otot memiliki memori untuk bergerak sehingga jenis permainan ini akan dapat melatih kemampuan bergerak dengan baik. Oleh karena itu, tidak sering melakukan perubahan pengaturan akan membuat Anda semakin pro dalam memainkannya.