Saat ini, game MOBA PC paling populer tidak bisa ditentukan secara spesifik. Hal tersebut karena ada banyak sekali permainan dengan genre MOBA yang memiliki jutaan player. Tentu akan sangat sulit menentukan game mana yang paling populer. Alasan ini memang masuk akal karena tidak ada standarnya.

MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena adalah sebuah genre yang permainannya dibatasi oleh sebuah arena. Biasanya dalam genre game seperti ini, status kemenangan ditentukan melalui hancurnya sebuah base. Jika sebuah tim mampu menghancurkan base lawan, maka tim tersebut akan mendapatkan kemenangan.

MOBA PC menjadi salah satu yang paling banyak dimainkan. Versi PC tentu memberikan User Interface lebih baik daripada versi mobile. Efek suara, grafis video, hingga efek skill jelas lebih tajam sehingga membuat pengalaman bermain yang berbeda. Lalu MOBA PC apa saja yang paling populer?

Game Dota 2

Jika dilihat dari fenomena dari euforia dan jumlah player, mungkin Dota 2 adalah game MOBA PC paling populer saat ini. Hal tersebut memang cukup beralasan mengingat permainan satu ini memiliki jumlah player sangat besar. Saat ini ada jutaan player Dota 2 yang tersebar di dunia.

Meskipun pada tahun 2019 lalu jumlah rata-rata player yang bermain dalam 1 bulan menurun, namun awal 2020 kembali naik. Bahkan pada puncaknya ada lebih dari 700 ribu player dari seluruh dunia yang bermain dalam waktu bersamaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Dota 2 masih menjadi primadona.

Salah satu yang membuat Dota 2 menjadi sangat populer adalah karena turnamen internasionalnya. The Internasional, turnamen Dota 2 telah membawa euforia yang sangat besar bagi penggemar game MOBA di seluruh dunia. Bahkan pada setiap gelaran turnamen selalu disambut dengan berbagai cara, termasuk perayaan.

Selain dari turnamen internasional tersebut, salah satu hal yang membuat Dota 2 menjadi game MOBA PC paling populer adalah gameplay. Dota 2 adalah pionir dari sistem permainan 3 jalur serangan yang saat ini populer. 3 line serangan berada diatas, tengah, dan bawah.

Selain itu, daya tarik Dota 2 adalah karena menyediakan 2 mode permainan. Dota 2 selain bisa dimainkan secara online, namun juga bisa dimainkan secara offline. Player akan melawan komputer yang telah diprogram. Permainan ini akan dimainkan dalam mode battle royale dan cukup menegangkan.

League of Legends (LOL)

Game kedua yang cukup populer adalah League of Legends yang sudah dirilis sejak tahun 2009 lalu. Bisa dikatakan bahwa LOL adalah pionir dari game MOBA yang saat ini ada, baik PC maupun mobile. Selain itu, banyak orang menganggap bahwa antara LOL dan Dota 2 mirip.

Meskipun memiliki gameplay yang dianggap mirip, namun sebenarnya LOL memiliki gameplay lebih cepat. Gaya permainan LOL lebih cepat dan agresif sehingga membuat pengalaman bermain. Beberapa player suka dengan gaya permainan seperti ini karena dianggap memberikan adrenalin sehingga layak menjadi game MOBA PC paling populer.

Karakter dalam LOL bernama champion dan setiap player akan mengendalikan champion tersebut. Setiap pemain yang berada dalam 1 tim harus menghancurkan kristal lawan supaya menang. Karena itu, mempercepat pertumbuhan champion adalah pilihan terbaik. Caranya adalah dengan menghancurkan minion atau mengeliminasi champion milik lawan.

LOL World Championship adalah turnamen yang rutin diadakan setiap tahun oleh Riot Games. Turnamen tersebut juga tidak kalah dengan The Internasional milik Dota 2. Bahkan tidak jarang antusiasme komunitas game dunia selalu positif. Apalagi hadiah bagi pemenang juga cukup besar untuk meningkatkan semangat bertanding.

Beberapa waktu lalu, LOL juga mengeluarkan versi mobile bernama League of Legends:Wild Rift. Hadirnya Wild Rift membuat persaingan antara MOBA versi mobile cukup panas. Karena itu LOL juga menjadi game MOBA PC paling populer. Terutama dengan banyak perubahan besar pada konsep permainannya.

Game MOBA Smite

Game MOBA PC paling populer selanjutnya adalah Smite. Berbeda dengan beberapa game lain, Smite mengangkat dewa dalam mitologi dunia sebagai hero. Konsep pertarungan memang sudah sangat melekat pada MOBA. Karena itu Smite juga memanfaatkan konsep tersebut untuk menciptakan gameplay berbeda dari MOBA lain.

Tidak disangka bahwa gameplay seperti ini justru menarik banyak perhatian komunitas gamer dunia. bahkan dalam setiap turnamen, baik regional maupun internasional selalu disambut dengan sangat meriah. Turnamen terbesar Smite adalah Smite World Championship. Turnamen tersebut menjadi tempat pertarungan banyak player dari seluruh dunia.

Hampir semua hero pada Smite menggunakan tokoh dewa mitologi paling terkenal di dunia. sebut saja Zeus yang merupakan pemimpin dewa dari mitologi Yunani. Ada juga RA sebagai dewa matahari dari mitologi bangsa Mesir kuno. Selain itu, ada juga banyak tokoh mitologi lain sebagai karakter hero.

Vainglory 5V5

Jika membahas mengenai game MOBA PC paling populer, tentu tidak boleh meninggalkan Vainglory. Game yang dikeluarkan oleh Super Evil Megacorp tersebut faktanya memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan MOBA lain, grafik Vainglory lebih tajam. Tampilan seperti ini jelas memberikan pengalaman bermain yang sangat menyenangkan.

Selain itu, Vainglory juga bisa dimainkan untuk versi mobile. Hal tersebut dilakukan karena tidak semua orang memiliki PC atau laptop dengan standar spesifikasi Vainglory. Namun semua orang memiliki perangkat mobile dengan spesifikasi tinggi. Karena itu, versi mobile Vainglory juga sangat populer.

Vainglory menjadi pionir MOBA versi mobile yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Sejak munculnya Vainglory versi mobile, banyak MOBA sejenis dan juga mengeluarkan dalam versi mobile. Sebut saja Arena of Valor, Mobile Legends, hingga King of Glory yang ternyata mampu memberikan persaingan.

Akibatnya, Vainglory juga harus mengikuti perkembangan tersebut dengan menggunakan model 5V5. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir Vainglory sedikit mengalami kemunduran, namun peranya sebagai pionir MOBA versi mobile harus diperhatikan. Terutama dengan kualitas grafis gambar lebih baik dan tajam daripada MOBA lain.

Meskipun ada banyak game MOBA versi PC, namun tidak semua populer. Apalagi bagi orang-orang awam dan tidak mengerti terhadap dunia game. Kebanyakan hanya mengetahui beberapa permainan versi mobile, misalnya Mobile Legends dan Arena of Valor. Namun, game MOBA PC paling populer bisa dilihat dari euforianya.

Deskripsi: ada banyak sekali game MOBA PC yang saat ini bisa dimainkan. Namun yang paling populer adalah Dota 2, League of Legend, Smite, hingga Vainglory.