Kecanggihan teknologi membuat semakin banyak jenis-jenis game bermunculan berdasarkan platform dan juga genre yang populer. Bahkan setiap tahunnya para pengembang game membuat perubahan demi perubahan yang cukup terinci atau mendetail. Selain itu pengembang merasa tertantang untuk membuat game semakin seru dimainkan.

Game sudah dikenal cukup lama dengan cerita sejarah yang cukup berarti bagi setiap pecinta game maupun si pembuat game. Kemunculan perkembangan alat dimulai dari yang paling sederhana sampai mewah memiliki arti sendiri dalam perjalanan sejarah game tersebut. Game juga memiliki posisi tersendiri di hati para penggemarnya.

Anda tahu bahwa pada awalnya game dibuat memiliki tujuan yang salah satunya adalah sebagai bahan atau cara hiburan. Kebiasaan bermain game saat mengisi waktu luang belakangan menjadi pilihan banyak orang. Tentu selera orang akan berbeda pada banyaknya jenis-jenis game yang muncul saat ini.

Apalagi semenjak adanya internet di kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia saat ini meningkatkan industri gaming tampak sangat meroket. Penggemar game akan cepat tanggap dengan kemunculan game-game terbaru setiap tahunnya bahkan setiap harinya. Tidak cukup disitu, para penggemar game ini memberikan sepenuh hatinya.

Jenis-jenis game yang akan dibahas kali ini membuka mata anda menilik kembali dan memberi pengetahuan luas seputar dunia game. Tentu setiap platform yang digunakan sampai kemunculan genre terus menerus masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya dalam berbagai hal. Game berdasarkan platform ada 4 jenis yaitu.

Platform Ponsel menjadi Peminat Game Tertinggi

Penggunaan ponsel sejak kemunculannya memberikan peluang besar bagi perusahaan game untuk memasukkan game mereka. Jauh sebelum adanya internet dan ponsel cerdas, game sudah bisa dimainkan. Bahkan dari layar ponsel hitam putih sampai secanggih sekarang tampaknya game menjadi sebuah keharusan.

Jenis-jenis game berdasarkan platformnya dimana saat ini memiliki tingkat kepopularitasan yang cukup tinggi yaitu pada pengguna ponsel. Salah satu keuntungan bagi penggemar game dengan platform ponsel cerdas adalah kemudahan yang bisa dibawa-bawa kemanapun anda pergi. Mungkin kesulitan yang anda hadapi adalah pemasangan jenis game di ponsel cerdas anda dengan masing-masing perbedaannya.

Beberapa contoh game yang terdapat di ponsel cerdas adalah astro drone, apetopia, Call Slider, dan tentu masih banyak lagi. Pemasangan game ini juga memang cukup mudah karena bisa didapatkan dengan harga murah. Para penggemar game dengan ponsel cerdas inipun datang dari berbagai latar belakang.

Layar yang Lebih Luas Membuat Penggunaan PC Tak Kalah Banyak

Hampir sama kedudukannya dengan game yang dimainkan menggunakan peran PC (Personal Computer) seperti komputer maupun laptop, peminatnya tak kalah banyak dan luas. Jangkauan penglihatan pemain yang lebih luas menjadi alasan dibalik tingginya penyuka atau penggemar fanatic game PC ini.

Sebenarnya tidak banyak perbedaan dari game ponsel dengan yang ada di komputer atau laptop. Kebanyakan jenis-jenis game yang muncul di PC adalah pengembangan dari game di ponsel cerdas begitu pula kebalikannya. Sehingga yang membuat beda hanya pada kelebaran layar untuk menambah rasa nyaman pada pemainnya.

Untuk bermain game menggunakan PC memang terkesan lebih mahal karena harga laptop atau komputer dengan ponsel cerdas terbilang cukup besar. Memang saat ini ponsel cerdas juga memiliki versi dengan banderol harga tinggi. Contoh game yang muncul untuk game PC ini adalah Bonderlands 2, Far Cry 2 dan judul lainnya.

Penggunaan laptop untuk bermain game juga harus disesuaikan dengan spesifikasi laptop. Karena biasanya spesifikasi menentukan kekuatan dan kinerja dari game yang anda mainkan. Oleh karena itu jika dibandingkan dengan ponsel cerdas, peminat dan penggemar game ponsel sedikit lebih banyak dibandingkan game dengan PC Laptop dan komputer.

Meski Tampak Usang Handheld Game ikut Membuktikan Kemajuan

Sebelum mengenal game pada ponsel cerdas (smartphone) dan PC seperti laptop dan komputer, maka kemunculan game dengan alat khusus ini cukup populer. Beberapa orang mungkin melihat permainan dengan handheld adalah jenis-jenis game yang sudah using dimakan waktu kemunculannya.

Padahal, melihat perkembangan teknologi seperti saat ini ternyata tidak membuat para pengembang handheld diam begitu saja tanpa ada aksi nyata untuk memajukan jenis game yang satu ini. Handheld dengan game console memang tampak serupa dan cukup sulit untuk membedakan keduanya.

Handheld sendiri memiliki alat khusus untuk bermain game yang lebih mudah digenggam seperti ponsel cerdas. Bentuk dari alat game ini saat inipun semakin canggih dan modern mengikuti zamannya sehingga membuat ketertarikan pemain game lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, jenis-jenis game berdasarkan platformnya pada handheld juga memiliki game tertentu yang tidak semuanya ada pada ponsel cerdas maupun laptop. Kesederhanaan yang ingin ditampilkan lewat layar dengan ukuran tidak sebesar laptop ternyata menjadi perhatian banyak para penggemar game.

Adapun perangkat yang cukup populer dari permainan handheld ini adalah Nintendo Switch. Pengembang ingin pemainnya tetap bisa merasa terhibur dengan permainan yang mereka sediakan. Tentu Nintendo ini juga memiliki versi yang berbeda-beda dengan kelebihan berbeda-beda juga.

Beberapa contoh diantaranya adalah Nintendo Switch Lite, Nintendo 2DS XL yang muncul dan dirilis di tahun 2017. Tampilannya yang cukup unik menambah kesan hiburan bagi para pengguna Nintendo baik orang tua sampai anak-anak. Bahkan beberapa ada yang merengek untuk mendapatkan console game ini.

Dibanderol Harga Fantastis, Game Console Tetap Menarik Perhatian

Berbeda dengan handheld, game yang menggunakan console seperti saat ini dibanderol dengan harga fantastis. Salah satu kemunculan game console baru-baru ini adalah PS 5 (Play Station 5). Untuk bisa memainkan game dibutuhkan bantuan mesin elektronik dan beberapa di antaranya membutuhkan tenaga arus listrik.

Jika handheld hanya dimainkan dalam ukuran layar yang kecil, maka persamaan dari keduanya adalah penggunaan alat khusus untuk bisa memainkannya seperti joystick untuk console game. Perangkat yang digunakan untuk menampilkan game dapat menggunakan komputer atau televisi dan joystick atau controller sebagai pengendalinya.

Jenis-jenis game saat ini memang cukup banyak dengan kelebihannya masing-masing. Seperti yang baru-baru ini sempat menghebohkan dunia game adalah munculnya PS5 di pasaran. Pasalnya jumlah dari item ini tidak banyak sehingga orang-orang akan berebutan untuk bisa memilikinya menjadi sebuah kebanggan tersendiri.

Game menggunakan console inipun cukup berbeda dengan ponsel cerdas maupun laptop. Karena biasanya ada alat khusus yang dibeli untuk memasangkan permainan baru didalamnya. Ini lah yang membuat harga fantastis pada alat console game semakin kelihatan namun akan sebanding dengan kualitas game yang didapatkan.

Genre Game Fighting yang Tampak Cowok Banget

Selanjutnya, kami akan membahas jenis-jenis game berdasarkan genre permainannya. Penggemar game fighting biasanya datang dari kalangan para cowok-cowok. Pada game, anda akan diminta untuk memilih jagoan anda degan segala kemampuan yang berbeda-beda. Nantinya jagoan atau karakter tersebut akan bertanding mendapatkan kemenangan.

Game fighting sendiri saat ini sudah cukup banyak contohnya yang bisa anda mainkan. Pertarungan yang disuguhkan oleh game dengan genre fighting ini hadir dengan cara perlawanan one to one atau satu lawan satu pada sebuah arena tak terbatas dan tak ditentukan pada permainan.

Beberapa contoh game dengan genre fighting ini ada yang cukup terkenal seperti Mortal Kombat, Teken dan Street Fighter. Tentu melihat jenis-jenis game berdasarkan genrenya ini ada di berbagai platform khususnya ponsel cerdas dan juga PC seperti laptop dan komputer. Anda bisa langsung mengunduh dan memasang game pilihan anda.

Mengambil Konsep Kenyataan pada Genre Simulasi

Selain genre fighting terdapat pula game yang menggunakan simulasi kehidupan nyata untuk menarik perhatian masyarakat dan tampaknya cara ini cukup berhasil. Jika tadi game fighting memiliki penggemar kebanyakan cowok maka genre game satu ini banyak dimainkan oleh para wanita atau cewek-cewek khususnya di Indonesia.

Konsep yang ingin dihadirkan adalah semua aspek dalam kehidupan nyata yang dibawa pada bentuk dimensi. Jalan cerita yang dipilih juga cukup menarik karena akan menceritakan kemampuan karakter berjalan pada permainan. Keinginan untuk bisa membangun sebuah kota adalah visi misi dari game ini.

Apapun keputusan yang anda ambil akan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup dalam game tersebut. Contoh game dengan jenis-jenis game bergenre konsep kenyataan adalah keinginan untuk bisa membangun tanpa dana yang besar atau dimaksud adalah dana terbatas.

Beberapa game di atas berdasarkan genre serta platform yang digunakan, maka anda bisa menyesuaikan dengan selera dan keinginan anda. Game tidak hanya diperuntukkan satu orang atau satu kalangan. Karena siapa saja berhak memainkan game dalam segala kondisi dan latar belakang apapun.

Permainan atau game yang semakin hari semakin mengalami perubahan ini membuat para pemain dan penggemar terus bertambah dan tidak pernah bosan. Perusahaan game juga cukup antusias untuk hal tersebut sehingga anda bisa melihat akan ada perubahan untuk setiap versi jenis-jenis game  yang anda mainkan.