Kabar gembira bagi Anda saat ini yang sedang mencari MOBA asli Indonesia. Ya, Anda tidak salah karena saat ini MOBA asli dari Indonesia sudah bisa dinikmati dan dimainkan oleh siapa saja. Hal tersebut mungkin bisa menjadi salah satu alternatif, terutama jika ingin merasakan hero berbeda.

Lokapala adalah MOBA karya anak bangsa yang sudah ada sejak awal tahun 2020 lalu. Kemunculannya sebagai salah satu permainan Battle Arena cukup membuat banyak orang tertarik. Terutama karena grafis desain dan kualitas gambar tidak kalah. Lokapala memiliki User Interface cukup baik untuk mendukung pengalaman bermain.

Perkembangan game online MOBA saat ini telah memasuki dunia baru di mana banyak developer yang berlomba-lomba menyajikan game online terbaik. Bahkan demi memberikan kenyamanan pada penggunanya, tidak sedikit developer game online yang mengadakan turnamen skala internasional. Lokapala nantinya juga diharapkan mengadakan sebuah turnamen sendiri.

Tentang Game Lokapala

Lokapala diproduksi oleh Anantarupa Studios serta melakukan beberapa kolaborasi dengan beberapa pihak seperti Carafan, Elwin Music, Inharmonics, Kratoon, Ragasukma Comic, dan Semsoft. Sebagai MOBA asli Indonesia, Lokapala memberikan unsur khas dalam negeri sebagai konsep permainan. Hal tersebut terlihat dari karakter setiap hero dan tampilannya.

Lokapala pertama kali rilis pada 7 Februari 2020 dengan membuka beta tes bagi banyak player di beberapa negara. Pada awalnya pihak pengembang membuak beta tes untuk melihat sejauh mana persiapan game tersebut sebelum di rilis ke publik. Hasilnya ada lebih dari 100.000 pendaftar beta tes.

Hanya dalam beberapa hari saja Lokapala telah mampu menarik perhatian ratusan ribu player. Pendaftaran dilakukan melalui website resmi dan hanya berlaku bagi pengguna android. Namun tidak lama, pengguna IOS juga bisa mencobanya. Hal tersebut bertujuan untuk melihat apakah ada bug atau tidak dalam MOBA ini.

Saat ini, Lokapala sudah di unduh sebanyak 1 juta kali di Google Playstore. Mendapatkan lebih dari 54 ribu ulasan dari berbagai player di seluruh Indonesia dengan rata-rata nilai 4,2 bintang. Selain itu, file size Lokapala juga cukup standar karena hanya memiliki ukuran sekitar 94 MB.

Sebagai MOBA asli Indonesia, tentu saja pihak pengembang selalu melakukan update untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas game. Update terakhir dilakukan pada 4 Desember 2020 lalu dengan membawa banyak perubahan. Terutama memperbaiki kualitas grafis, fungsi kontrol, dan efek skill pada setiap hero.

MOBA Pertama di Indonesia

Lokapala merupakan MOBA asli Indonesia sekaligus yang pertama di negara ini. Sebagai pemain game, tentu sudah sewajarnya senang mendengar kabar tersebut. Apalagi tidak perlu lagi mengandalkan game buatan luar negeri lagi. Sedangkan anak bangsa sudah mampu menyajikan game berkualitas yang tidak kalah keren.

Jika dilihat, Indonesia memang menjadi pasar yang baik bagi perkembangan MOBA. Karena itu pihak developer memilih genre MOBA sebagai konsep terbarunya. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan game Battle Arena yang cukup besar di dunia. Bahkan setiap tahun ada banyak turnamen berkelas internasional.

Namun sayangnya, Indonesia hanya sebagai pasar atau konsumen dari produk game luar negeri. Padahal jika mampu mengembangkan game yang serupa, maka player Indonesia tidak perlu bergantung lagi. Hal ini yang menjadi alasan utama mengapa Anantarupa Studios memilih MOBA sebagai konsep dalam game Lokapala.

Uniknya, setelah diluncurkan ke publik dalam bentuk beta tes, Lokapala langsung disambut hangat. Banyak pemain yang ingin mencoba game asli dari karya anak bangsa tersebut. Meskipun banyak juga pemain yang merasa bahwa masih ada beberapa bug pada game. Namun selebihnya mereka tidak memiliki kesan negatif.

Tentu saja sebagai MOBA asli Indonesia dan pertama, persaingan pasar cukup ketat. Apalagi sudah ada game sejenis yang hadir sejak lama seperti Mobile Legends, Arena of Valor, Vainglory dan sebagainya. Namun tidak ada yang tahu bahwa di masa depan nanti Lokapala akan menjadi lebih populer.

Tampilan Hero

Salah satu yang menarik dari game satu ini adalah tampilan heronya. Berbeda dengan MOBA lain yang menggunakan banyak karakter dari seluruh dunia. Lokapala memilih untuk memakai karakter hero khas dari mitologi Indonesia saja. Hampir tidak ada karakter hero dari mitologi atau berkarakter luar negeri.

Seperti yang diketahui bersama, Indonesia memiliki banyak karakter mitologi cukup unik dan khas. Kebanyakan adalah berasal dari mitologi masa Hindhu Buddha karena menyajikan banyak karakter legenda. Sebut saja Ma’esh yang merupakan akronim dari Mahesashura. Karakter tersebut merupakan iblis dalam mitologi Hindhu.

Ada juga beberapa karakter hero lain dan juga memiliki akronim sama dengan karakter legenda nusantara. Pihak developer memang memilih karakter khas nusantara karena untuk menonjolkan nilai asli dari Indonesia. Tentu saja MOBA asli Indonesia ini cukup menarik jika melihat dari berbagai karakter hero tersebut.

Sama seperti game Battle Arena lain, Lokapala juga memiliki beberapa role hero. Assasins, Tank, Fighter, Support, Marksman, dan Mage adalah role yang bisa dimainkan. Setiap role memiliki fungsi dan konsep permainan berbeda. Jadi tidak sulit untuk memahami setiap karakter jika Anda penggemar game Battle Arena.

Selain itu, saat pertama kali diluncurkan sebagai beta tes, ada 15 hero awal. Ilya, Neera, Sena, Nisha, Jino, Vijaya, Skar, h’rtal, Nala, Ma’esh, Sabara, Haya, Nada, Saira, dan Handaru merupakan 15 hero awal tersebut. Uniknya lagi, MOBA asli Indonesia tersebut menyebut karakter hero sebagai Ksatria.

Konsep Fitur Kontrol

Secara umum, Lokapala memiliki fitur kontrol yang hampir mirip dengan game sejenisnya. Hanya saja karena membawa karakter khas nusantara, maka alur cerita hingga tampilan grafis menggunakan konsep nusantara. Bahkan untuk logo dan grafis lain menggunakan konsep karakter asli dari mitologi nusantara.

Lokapala juga menggunakan diamond, gold, dan sejenisnya dalam permainan untuk membeli hero. Namun uniknya, diamond Lokapala disebut sebagai Citrine supaya lebih khas. Meskipun begitu, setiap pemain akan mudah mengenalinya. Hal tersebut karena bentuknya Citrine sudah familiar sebagai diamond bagi banyak pemain.

Saat pertama kali masuk dalam game, player akan mendapatkan 4 menu utama. Pertama adalah menu Preparation untuk mempelajari penyesuaian item, mantra, hingga penyesuaian lain. Kedua adalah menu Mission di mana player bisa memilih quest atau tantangan. Dengan begitu player bisa mengumpulkan hadiah untuk membeli hero.

Selanjutnya ada menu Yantra. Menu tersebut berguna untuk melakukan penyesuaian, mempelajari fungsi emblem, dan karakter emblem. Terakhir adalah menu Ksatria di mana player bisa mempelajari setiap karakter hero. Disini player akan mendapatkan beberapa karakter menarik pada setiap role.

MOBA asli Indonesia ini memang menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Hanya saja secara umum tampilan interface masih perlu perbaikan. Hal tersebut memang wajar mengingat masih perlu banyak update game. Namun secara keseluruhan Lokapala sangat wajib untuk dicoba.

Sebagai game Battle Royale pertama dari Indonesia, memang memiliki tantangan cesar. Terutama sudah ada banyak game sejenis di Indonesia. Namun jika melihat perkembangannya, bisa dipastikan dalam beberapa tahun lagi MOBA asli Indonesia tersebut akan menjadi lebih populer lagi.