Dari waktu ke waktu, jenis genre game online terus berkembang dan makin bervariasi. Salah satu penyebabnya adalah perkembangan teknologi yang memungkinkan game dibuat dengan lebih canggih dan menarik. Dengan adanya genre game yang baru, mereka yang tadinya kurang berminat pada dunia game online pun akhirnya mulai tertarik. Apa saja genre game yang ada sekarang? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Genre Game Online dan Sub-Genrenya

  1. Genre Arcade

Dalam sejarah game, genre arcade merupakan salah satu genre game yang paling tua. Game bergenre arcade yang pertama kali diciptakan dan melegenda adalah Pong. Game ini dimainkan di tempat umum dan kamu harus memasukkan koin ke mesin untuk memainkannya.

Game arcade tidak terlalu mementingkan alur cerita. Tujuan diciptakannya game ini semata-mata untuk memberikan hiburan bagi siapa saja untuk mengisi waktu luang. Target dalam permainan ini juga sangat sederhana, yaitu mendapatkan skor tertinggi sehingga genre game online ini sangat disukai anak-anak. Contoh game arcade yang terkenal saat ini adalah Candy Rain, Flappy Bird, dan Katana Fruits.

  1. Genre Action

Game dengan genre action ini penuh dengan aksi seru. Selain membuat permainan jadi mengasyikkan, genre game online ini juga disinyalir bermanfaat untuk otak. Kamu akan terbiasa berpikir cepat dan mengambil keputusan tepat ketika dihadapkan pada situasi mendesak. Koordinasi antara otak, mata, dan tangan juga makin terlatih. Karena itulah, game ini lebih cocok dan banyak disukai orang dewasa.

Tantangan yang kamu hadapi ketika memainkan game action pada umumnya adalah kamu harus menyelesaikan sebuah misi tertentu. Namun, dalam upaya menyelesaikan misi itu, akan ada banyak halangan dan rintangan yang harus kamu atasi. Di sinilah refleks dan ketangkasan pemain sangat diperlukan.

Game action ini masih terbagi lagi dalam beberapa sub-genre, di antaranya shooter game, fighting game platform game, stealth game, dan survival game. Kalau penasaran, kamu bisa mencoba game SantaFu, Bomb It, atau Mystic Knight.

  1. Genre Adventure

Genre game online yang juga banyak disukai adalah genre adventure atau petualangan, apalagi kalau dilengkapi dengan tampilan grafis dan visual yang bagus. Selain jalan ceritanya, inilah yang menjadi daya tarik utama game petualangan. Genre adventure ini terdiri dari beberapa sub-genre, yaitu graphic adventure, text adventure, interactive movie, visual novels, dan real-time 3D adventures.

Game ini menantang kamu untuk menganalisis rangkaian peristiwa dan melakukan pengamatan untuk memecahkan sebuah misteri atau teka-teki. Memang dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian untuk memainkan game jenis ini, tetapi kamu akan merasakan sensasi menjadi petualang sejati. 

  1. Genre Action Adventure

Nah, untuk kamu yang terobsesi menjadi pahlawan sekaligus jago berpikir rumit untuk menguak misteri, game dengan genre gabungan aksi dan petualangan ini patut dicoba. Game dengan tema aksi petualangan Tomb Raider dan Indiana Jones adalah beberapa contoh genre game online adventure. Beberapa sub-genre pada game ini di antaranya survival horror dan metroidvania.

  1. Genre Strategy

Beragam game dengan genre strategi juga menjadi favorit banyak gamers. Dengan tuntutan berupa keahlian untuk menyusun strategi, genre game online yang satu ini menjadi jenis game yang paling kompetitif. Tidak heran jika jenis game ini memiliki sub-genre yang paling banyak, yaitu

  • Real-Time Strategy, Real-Time Tactic
  • Multiplayer Online Battle Arena. Tower Defense
  • 4X Game, Artillery Game
  • Turn-Based Strategy, Turn-Based Tactic
  • Wargame, Grand Strategy Wargame

Kamu tidak hanya dituntut berpikir dan bertindak cepat, tetapi harus piawai mengatur waktu dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk bisa mengalahkan musuh atau menyelesaikan misi. Beberapa di antara game strategi yang cukup populer adalah League of Legends, DOTA 2, Factory Kingdom, Zombie Tactics, dan catur 3D.

  1. Genre Sport

Meskipun kamu harus tetap rajin berolahraga yang sebenarnya, game dengan genre sport juga ada manfaatnya, lho. Game ini bisa kamu manfaatkan untuk lebih memahami aturan main dan menguasai teknik dengan lebih baik, misalnya memukul atau menendang dengan lebih akurat. Bahkan, nilai positif yang kamu dapat dari game bisa juga berguna dalam dunia nyata baik dalam urusan belajar maupun bekerja.

Genre game online ini dibuat dalam beberapa sub-genre, seperti racing, competitive, dan sport-based fighting. Kamu yang gila bola bisa mencoba European Soccer Champions, sedangkan buat basket mania ada Basketball Jam. Nah, kalau kamu ingin meningkatkan akurasi dalam bermain biliar, game 8 Ball Multiplayer cukup asyik untuk dimainkan.

  1. Genre Simulator

Pada game simulator, kamu akan menemukan banyak unsur real seperti yang biasa kamu kerjakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari beberapa jenis yang ada, vehicle simulator adalah yang paling banyak disukai, seperti Flight Gear, Tram, Orbiter, dan Sim Taxi 3D.

Cara memainkan game vehicle simulator ini gampang-gampang susah. Kamu harus terampil mengoperasikan kendaraan, seperti mobil, pesawat, kereta api, atau kapal laut. Bukan hanya mengarahkan kemudi, kamu juga harus menguasai banyak hal lain yang terkadang cukup rumit sehingga kamu harus terampil dan punya daya ingat kuat.  

  1. Role Playing Game (RPG)

Salah satu hal yang menarik dari genre game online ini adalah pemain bisa memilih karakter yang akan dimainkannya. Setelah itu, pemain harus mengikuti alur cerita dean memerankan karakter yang dipilih dengan sebaik mungkin. Ada banyak contoh game bergenre RPG yang sangat populer, di antaranya The Lord of The Rings Online, Final Fantasy, dan Ragnarok.

Game-game yang tergolong jenis RPG ini terbagi dalam beberapa sub-genre. Jenis MMORPG adalah salah satu yang paling populer. Selain itu, ada Action RPG, Tactical RPG, Roguelikes, Sandbox RPG, Fantasy, Choices, dan Cultural RPG.

Manfaat Bermain Game

Tidak bisa dimungkiri, banyak orang yang menilai game dengan pandangan negatif. Game dianggap membawa pengaruh buruk dan bermain game adalah pekerjaan yang sia-sia. Namun, pendapat itu tidak benar 100%, tergantung pada masing-masing orang dan jenis game-nya. Jika dimainkan dengan cara yang benar, game justru bisa memberikan banyak manfaat seperti berikut ini.

  1. memperbaiki mood sehingga terhindar dari stres dan kembali bersemangat dalam melakukan aktivitas.
  2. mengasah kemampuan berpikir cepat dan logis, menganalisis, dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
  3. melatih ketangkasan, terutama pada mereka yang menyukai game jenis aksi.
  4. memperluas jejaring pertemanan.
  5. menambah pengetahuan dan wawasan.
  6. sarana belajar mengatur keuangan.
  7. memperkaya kosakata bahasa Inggris.
  8. melatih kesabaran dan mental pantang menyerah ketika menghadapi masalah atau tantangan yang sulit.
  9. melatih fokus dan konsentrasi yang sangat berguna dalam proses belajar maupun dalam menyelesaikan pekerjaan.

Setiap orang memiliki kecenderungan untuk memilih game yang sesuai dengan hobi dan karakternya. Nah, dari beberapa macam genre game online di atas, mana yang paling kamu sukai? Apa pun pilihanmu, bijak dan disiplinlah dalam bermain supaya kamu mendapatkan manfaat dan tidak membuat waktumu terbuang sia-sia.