Menjadi seorang gamer profesional adalah salah satu di antara “cita-cita” generasi milenial yang out of the box. Kalau anak-anak zaman dulu lebih memilih menjadi dokter atau insinyur, di era digital ini banyak profesi lain yang lebih menarik minat anak muda. Bahkan, hobi bermain game pun bisa menjadi sumber penghasilan jika ditekuni dengan serius dan tentunya mempraktikkan tips dan trik khusus.

 7 Langkah Terbaik Menjadi Gamer Profesional

 7 Langkah Terbaik Menjadi Gamer Profesional

Pada umumnya, bermain game hanya dijadikan sebagai hobi dengan tujuan untuk mendapatkan hiburan dan mengisi waktu luang. Namun, ada juga orang yang sangat serius memainkannya karena ingin berkarier sebagai gamer yang profesional. Nah, kalau kamu termasuk salah satunya, 7 langkah menjadi gamer profesional di bawah ini wajib kamu ikuti.

  1. Komitmen Modal Utama

Apa pun pekerjaan atau karier yang ingin kamu tekuni harus diawali dengan komitmen yang kuat karena inilah yang akan menjadi salah satu kunci kesuksesan. Begitu juga dengan menjadi pro gamer. Pastikan dan yakinkan diri bahwa kamu memang menyukai bidang ini dan akan berusaha menjalaninya dengan serius.

Tantangan berat bagi orang yang bercita-cita menjadi gamer profesional salah satunya adalah menanamkan pikiran positif tentang aktivitasmu baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Dengan komitmen yang kuat, kamu tidak akan terpengaruh oleh opini negatif masyarakat umum tentang game. Tentukan target yang jelas untuk menguasai game yang kamu suka dan fokuslah untuk mencapai target tersebut.

  1. Fokus di Satu Game dan Kuasai!

Menjadi gamer profesional sudah pasti berbeda dengan menjadi gamer biasa. Sebagai gamer, kamu bebas memainkan banyak game sesuka hati. Kalau bosan dengan satu game, kamu bisa ganti mencoba yang lain. Namun, akan berbeda kalau kamu berniat berkarier di dunia gaming. Kamu harus fokus pada satu game saja agar bisa meraih pencapaian sebagai gamer sejati.

Supaya lebih mudah menguasai game tersebut, pilih game yang paling disukai. Mengapa? Dengan memiliki ketertarikan pada game tersebut, kamu akan lebih santai dan menikmati setiap prosesnya serta tidak merasa terbebani. Bukan saja bisa menguasai, kamu juga akan termotivasi untuk mencari trik-trik jitu untuk bisa mengalahkan lawan. Kalau sudah begini, menjadi pemenang bukan lagi hal yang sulit.

  1. Rutin Berlatih Itu Wajib

“Practice makes perfect”. Pernah dengar pepatah itu? Ya, latihan rutin akan membuat seseorang bisa melakukan sesuatu dengan sempurna. Dalam bermain game, latihan sangat penting dan memberikan dampak pada kemampuan fisik, skill maupun keterampilan.

Secara fisik, latihan rutin akan membuat koordinasi tangan dan mata ketika bermain game menjadi makin baik. Hal ini sangat penting untuk bisa memenangkan kompetisi yang mengandalkan kecepatan bergerak dan ketajaman pengamatan. Selain itu, latihan juga akan membuat skill-mu terus meningkat karena akan makin banyak seluk-beluk game yang kamu ketahui dan pelajari.

  1. Bergabunglah dengan Komunitas

Rugi besar kalau kamu hanya mengandalkan diri sendiri untuk menjadi gamer profesional. Bersaing dan mengalahkan lawan bukan berarti kamu harus menjauhi orang-orang yang punya hobi serupa. Jadi, bergabunglah dengan komunitas gamer yang dirasa paling cocok.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan dengan bergabung di komunitas. Kamu akan memiliki banyak relasi dan mendapatkan banyak ilmu dan inspirasi baru. Latihan bersama akan membuatmu menemukan situasi baru sehingga kamu makin mahir bermain. Bukan tidak mungkin di antara anggota komunitas ada yang sudah menjadi pro gamer. Kamu bisa menimba banyak ilmu dan pengalaman darinya.

  1. Tantang Kemampuan Melalui Kompetisi

Setelah sekian banyak latihan yang dilakukan, tentunya kamu harus mengukur sudah seberapa baik skill dan pengetahuanmu tentang game yang ditekuni. Satu-satunya cara untuk itu adalah dengan mengikuti turnamen atau kompetisi.

Sebagai pemula, ikutilah turnamen berskala kecil lebih dulu. Dengan mengikuti kompetisi, kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu. Pengalaman yang kamu dapatkan selama mengikuti kompetisi bisa dijadikan bahan evaluasi yang sangat penting untuk memperbaiki performa. Apa pun hasilnya, juara atau tidak, jadikan itu sebagai motivasi agar kamu lebih giat berlatih.

  1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Selain hal-hal yang berhubungan dengan keterampilan dan penguasaan game, fasilitas yang memadai juga sangat diperlukan untuk mendukung perjuanganmu menjadi gamer profesional. Koneksi internet yang stabil dan cepat adalah sebuah keharusan jika kamu serius menekuni bidang ini. Bagaimana mungkin kamu bisa memenangkan pertandingan jika internet yang digunakan sering putus?

  1. Persiapkan ‘Peralatan Tempur’ yang Memadai

Selain koneksi internet, syarat lain yang wajib dimiliki oleh seorang gamer profesional adalah ‘peralatan tempur’ yang andal, seperti laptop/PC, gaming mouse, keyboard mekanis, monitor QHD, headset, dan lainnya. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam memilih dan menggunakan aksesoris dan periferal game, yakni

  • Mengingat banyaknya jenis dan merek yang ada, pilih aksesoris dan periferal yang paling cocok dari segi ukuran, bentuk, dan sensitivitas.
  • Gunakan aksesoris dan periferal yang sama baik saat berlatih maupun ketika mengikuti kompetisi supaya kamu sudah terbiasa dan terhindar dari rasa gugup saat bertanding.

Tips Latihan Sehat untuk Para Gamer

Tips Latihan Sehat untuk Para Gamer

Seperti sudah disebutkan di atas, latihan adalah salah satu kunci sukses untuk menjadi gamer profesional. Namun, latihan tidak boleh dilakukan secara sebarangan. Salah-salah, latihan yang kamu lakukan justru menjadi malapetaka. Agar terhindar dari hal yang tak diinginkan, ikuti 5 tips latihan sehat di bawah ini.

  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air. Sediakan sebotol air putih di dekatmu supaya tidak lupa.
  • Perbanyak makanan yang mengandung protein dan serat tinggi, hindari makanan tinggi lemak, karbohidrat, dan gula.
  • Berolahraga selama 30 menit sebanyak 2–3 kali seminggu. Pilih olahraga ringan hingga sedang, seperti jogging atau berenang.
  • Duduk dengan posisi yang benar, yaitu tegak tetapi rileks dan atur jarak mouse, keyboard, dan monitor senyaman mungkin.
  • Lakukan peregangan untuk mengendurkan otot yang kaku/tegang di bagian leher, lengan, dan kaki.
  • Jaga mata agar tidak terlalu lelah dengan sering mengedipkan mata dan istirahatkan mata dengan memandang objek yang jauh selama 15 menit setiap 2 jam sekali.
  • Hindari suara yang terlalu keras dan pilih headset berkualitas bagus agar pendengaran tetap sehat.
  • Sesekali, tarik napas panjang sambil menegakkan tubuh untuk menjaga suplai oksigen yang masuk ke paru-paru. Perhatikan juga sirkulasi udara di ruangan tempat kamu bermain atau pilih tempat di dekat jendela.
  • Lakukan latihan otot, seperti push up, plank, angkat barbel, atau squat.
  • Jaga berat badan karena badan yang terlalu gemuk membuat kamu mudah lelah dan tidak tahan duduk dalam waktu lama.

Menjadi seorang gamer profesional tidak hanya memberimu kepuasan dan materi, tetapi juga beragam skill yang dibutuhkan dalam menjalani kehidupan. Gamer yang andal biasanya memiliki otak kanan yang terlatih, kreatif, daya imajinasinya tinggi, menguasai strategi dan taktik, mampu bekerja sama dengan baik, serta daya ingat yang kuat.