Bagi para pecinta game-game konsol, tentu momen ini merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu, yaitu peluncuran PlayStation 5 secara resmi oleh Sony. Perusahaan asal Jepang ini awalnya berencana untuk membatalkan peluncurannya. Oleh karena itu, banyak pihak yang merasa amat penasaran dan sedikit kecewa. Namun, tentu saja tetap banyak pendukungnya.

Kabar baiknya, ternyata perusahaan ini akhirnya mengumumkan peluncurannya melalui sistem daring (online) dalam sebuah acara besar. Jika Anda sebelumnya telah memiliki PlayStation seri yang ke-4, sekarang waktunya untuk memperbarui konsol yang dimiliki. Lalu apa saja penyegaran yang dibawa oleh generasi terbarunya ini? Berikut spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi PlayStation 5

  • Dapur pacu

Seri terbaru dari konsol game ini yaitu memperbarui dapur pacu mereka sehingga lebih cepat 19 kali dibandingkan dengan sebelumnya. Pengalaman ini tentu akan sangat menyenangkan dan membuat nyaman para penggunanya, karena mereka tidak akan merasakan loading time yang lama. Bahkan mereka tidak akan terasa saat loading karena saking cepatnya.

Tidak hanya itu, mesinnya dilengkapi dengan prosesor AMD Zen 2 berkecepatan hingga 3,5 GHz. Kapasitas RAM-nya juga lebih besar dibandingkan pendahulunya yaitu 16GB. Mesinnya juga disematkan GPU kustom berbasis AMD RDNA 2 dengan daya komputasi hingga 10,28 Teraflops. Sedangkan untuk penyimpanan internal menggunakan SSD 825 GB dengan kinerja kecepatan hingga 5,5GB/detik.

  • Video grafis

Untuk video grafisnya, PlayStation 5 ini telah memiliki kualitas 8K,  dengan refresh rate 120Hz, artinya secara visual akan mampu menampilkan kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan terdahulunya. Pengguna akan menikmati kualitas warna yang lebih baik dan detail dalam permainan akan terlihat jelas. Tentu hal ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan pada penggunanya.

Tidak terbatas itu saja, konsol terbarunya ini diketahui akan mampu membaca game yang berasal dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-Ray. Hal ini pasti akan lebih menyenangkan saat bermain.

  • Controller

Konsole game terbaru ini akan dilengkapi controller DualSense dengan desain berwarna hitam dan putih. Dimana tampilan ini nantinya akan selaras dengan perangkat tersebut. Kali ini, Sony akan memberikan pengalaman permainan yang lebih seru, tidak hanya akan terasa getaran saja namun dibekali dengan sensitivitas yang lebih baik. Fiturnya dynamic adaptive trigger, built-in microphone dan immersive haptic feedback

  • Kualitas suara

PlayStation 5 akan didukung oleh 3D audio kustom. Teknologi terbarunya ini akan menghadirkan suara yang mirip dengan karakter asli di dunia nyata sehingga permainan akan lebih terasa realistis. Hal ini akan memberikan pengalaman baru kepada Anda seperti merasakan masuk ke dalam game karena kesan permainan yang lebih hidup.

Secara keseluruhan, konsol terbarunya ini memiliki banyak peningkatan karena dukungan komposisi komponennya yang juga lebih baik dibandingkan dengan perangkat-perangkat sebelumnya.

Pada saat peluncuran PlayStation 5 ini, Sony sebagai pihak pengembang juga turut memperkenalkan game-game baru yang nantinya dapat dimainkan oleh perangkat ini. Setidaknya akan ada sekitar 28 game yang diperkenalkan dan disebutkan saat peluncuran.

Tidak hanya game-game reguler, nantinya juga akan dirilis permainan eksklusif yang dapat dimainkan oleh penggunanya. Apa saja permaianan yang nantinya akan dapat dimainkan oleh konsol ini? Yuk simak deretan game-gamenya berikut ini.

Deretan Game PlayStation 5

  1. Grand Theft Auto (GTA) V

Kemitraan antara SIE (Sony Interactive Entertainment) dan Rockstar Game akhirnya menyempurnakan GTA V dan juga versi onlinenya. Peningkatan dilakukan pada sisi visual, kinerja dan teknisnya pada konsol terbarunya sehingga nantinya game ini akan lebih responsif saat dimainkan. Versi onlinenya akan dapat dinikmati oleh pengguna secara gratis selama 3 bulan pertama sesaat setelah peluncurannya.

  • Marvel’s Spider Man (Miles Morales)

Spider man merupakan salah satu game eksklusif yang dapat dimainkan oleh PlayStation 5 nantinya. Seri ini merupakan versi lanjutan yang diluncurkan oleh Insomniac di tahun 2018 lalu. Pada permainan ini, pemain akan memerankan sebagai murid baru dari sang Spider Man yaitu Peter Parker yang akan mendapatkan kekuatan super layaknya sang guru. Permainan ini pun disebut sebagai Spiderman Miles Morales yang pastinya akan lebih seru untuk dimainkan.

  • Horizon: Forbidden West

Seri Horizon: Forbidden West adalah versi penerus dari permainan sebelumnya yaitu Horizon Zero Dawn yang telah diluncurkan terlebih dahulu pada tahun 2017. Hampir sama seperti pendahulunya, pada versi ini juga memiliki konsep open-world dimana latar permainan akan disuguhkan beragam flora dan fauna yang tetap akan memukau pemainnya sehingga tidak akan cepat bosan.

Pada episode kali ini, karakter utamanya yaitu Aloy yang berperan sebagai tokoh protagonis akan berhadapan dengan robot dinosaurus yang jenis baru di seluruh bagian negara Amerika. Tidak hanya itu saja, sejumlah senjata-senjata  dan mekanik baru juga akan disuguhkan pada game kali ini. Hal inilah yang nantinya akan menjadi kejutan para pemainnya.

  • Gran Turismo 7

Gran Tursimo 7 merupakan game dengan tema balapan. Anda yang menyukai sirkuit balap dan berbagai model mobil mewah, akan sangat dimanjakan saat bermain permainan ini nantinya. Berselang lama dari pendahulunya yang rilis di tahun 2013, tentu versi terbarunya ini akan menghadirkan sejumlah gebrakan baru yang akan membuat pecintanya semakin kagum saat memainkannya.

  • Resident Evil 8: Village

Siapa sih yang tidak mengenal permainan ini? Sebagai seorang gamer, pasti tidak asing lagi dengan Resident Evil. Permaian dengan konsep First Person Shooter (FPS) ini tentu akan memiliki keseruan tersendiri. Meskipun bukan game pendatang baru di dunia PlayStation, namun permainan ini masih banyak penyukanya. Kabarnya, karakter terkenal, Chris Redfield akan hadir dan berperan sebagai salah satu tokoh antagonis.

  • Hitman 3

Pada seri Hitman 3 ini nantinya akan menjadi penutup episode World of Assassination yang telah mengalami re-boot pada versi sebelumnya. Permainan ini masih menceritakan Agent 47 yang akan menyelesaikan misinya dalam memburu para musuh-musuhnya. Pada versi kali ini, akan menghadirkan musuh-musuh lebih ganas dan adegan pembunuhan yang lebih intens sesuai dengan slogannya, death awaits.

  • Ghost of Tsushima

Ghost of Tsushima merupakan salah satu game eksklusif besutan Sony, dimana saat awal peluncurannya sukses membuat para gamer penasaran. Hal ini karena kualitas dari detail grafisnya yang tingkat tinggi mendukung tampilannya sehingga pada pemain akan merasa terkesan dengan gambar yang terasa realistis. Game yang juga dimainkan di PlayStation 4 ini akan dipastikan juga dapat dimainkan di PlayStation 5.

Selain tujuh game yang seru di atas, Sony juga sudah mengonfirmasi berbagai judul permainan yang nantinya dapat dimainkan pada PlayStation 5 ini, tidak hanya pengembang besar saja yang ikut andil namun juga indie akan ikut meramaikannya. Judul-judul permainan tersebut antara lain Astro’s Playroom, Demon’s Souls, Destruction All Stars, Ratchet and Clank: Rift Apart, Returnal, Bugsnax.

Selain itu, juga ada Sackboy A Big Adventure, Deathloop, GhostwireTM, Goodbye Volcano High, GodfallTM, Jett: The Far Shore, Kena: Bridge of The Spirits, Littel Devil Inside. Juga ada NBA 2K21, Pragmata, Oddwordl SoulstormTM, Project Athia, Solar Ash, Stray, Tribes of midgard dan The Pathless. Itulah tadi game-game yang rencananya akan dapat dimainkan PlayStation 5 kali ini.