Pasti Anda tidak akan asing ketika bermain Stardew Valley jika Anda yang pernah bermain game Harvest Moon. Karena, game simulasi kehidupan ini bisa disebut sebagai kembaran game Harvest Moon hanya saja memiliki beberapa inovasi baru dalam permainannya sehingga tidak akan membuat Anda bosan ketika memainkannya.

Pada umumnya game virtual simulasi kehidupan memiliki alur cerita yang cukup lambat. Bahkan terbilang sangat lambat. Permainan hanya berkutat seputar kehidupan berkebun, beternak, memancing, dan sebagainya. Tentu saja untuk beberapa pemain mungkin ini akan memberikan efek membosankan.

Namun, apa jadinya jika di antara kegiatan tersebut diselipkan beberapa adegan yang sedikit menegangkan. Misalnya ada misi melawan monster yang menyerang perkebunan, dan pemain harus melawan monster tersebut agar tidak menyerang perkebunannya. Tentu akan sedikit lebih seru.

Jika Anda mencari game seperti ini, maka Stardew Valley bisa menjadi jawaban game yang sedang Anda cari selama ini. Kecepatan permainan pun sedikit lebih cepat dari jenis game serupa lainnya. Sehingga, dalam permainan ini Anda akan mendapatkan sebuah suasana yang berbeda.

Dalam permainan ini dihadirkan kombinasi permainan bertani, beternak, sosial, crafting dan action yang dikemas dalam satu buah permainan seru. Beberapa kombinasi dari komponen permainan ini memang sepertinya sepintas terdengar aneh. Namun, game ini berhasil mengemasnya menjadi suatu hal yang menyenangkan.

Meskipun banyak kombinasi yang berbeda satu sama lain, game ini tetap mudah dimainkan dan mudah dipahami meskipun Anda baru pertama kali memainkan permainan seperti ini. Jika pernah bermain Harvest Moon, dalam permainan ini Anda akan menemukan beberapa hal yang tidak bisa ditemukan tadi Harvest Moon.

Alur Cerita Permainan yang Sederhana

Alur Cerita Permainan yang Sederhana

Stardew Valley menduduki posisi teratas dalam hal gameplaynya. Hal ini karena narasi cerita yang ada dalam game ini tidak terlalu dalam namun bisa membuat pemainnya penasaran. Dalam game ini pemain utama adalah seorang pekerja di perusahaan Joja Corporation. Perusahaan tersebut memperkerjakan manusia seperti mesin.

Kemudian orang itu menemukan surat dari kakeknya, dan kehidupannya menjadi berubah total. Ia berhenti bekerja di perusahaan tersebut dan memanfaatkan ladang peninggalan kakeknya tersebut. Ia hidup di desa dan mengurus ladang. Sayangnya, karena sudah lama tidak diurus, keadaan ladang tersebut jauh dari kata baik.

Namun, ancaman dari Joja Corporation ini ternyata sampai ke desa kecil ini an mengambil sedikit demi sedikit wilayah desa di Stardew Valley ini untuk dijadikan ladang penghasilan perusahaan tersebut. Di sini, Anda harus berusaha menghidupkan ladang hingga berkondisi baik menghasilkan banyak uang untuk Anda dalam permainan tersebut.

Akan ada banyak masalah yang terjadi di desa ini dan Anda akan dituntut menyelesaikannya dalam bentuk misi-misi kecil. Salah satu misi kecil yang akan ditemukan dalam game ini misalnya menemukan kapak yang hilang, menyelidiki suara aneh, atau hal konyol lainnya yang mungkin tidak pernah terpikirkan.

Anda juga akan menemukan beberapa event yang bisa Anda temukan ketika ada hari-hari perayaan besar. Dalam hari-hari tersebut Anda akan mengikuti sebuah acara atau festival untuk mengikuti acara yang diadakan oleh penduduk desa. Jika Anda mengikuti event tersebut Anda akan mendapatkan sebuah hadiah.

Permainan yang Mudah Dikuasai

Permainan yang Mudah Dikuasai

Sistem pemainan dalam Stardew Valley mudah diingat karena begitu sederhana. Anda bisa menemukan beberapa aksi yang bisa dilakukan dengan satu kali klik saja. Mulai dari memilih tools yang aakn digunakan. Misalnya pacul untuk mencangkul, atau tools lainnya untuk menghadapi monster yang datang.

Sedangkan untuk bisa berpindah tempat, Anda hanya perlu menggunakan WASD dan shift saja agar bisa pergi berlari. Jika Anda malas menekan tombol berlari setiap saat, Anda tinggal mengubah pengaturannya di setting dan membuat setiap gerakan menjadi lari agar avatar yang dimainkan bergerak lebih cepat.

Sedangkan mouse digunakan sebagai arah pergerakan avatar yang Anda mainkan. Sehingga dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menggarap ladang, bertani bahkan bertarung. Bukan hanya gerak lurus saja yang bisa dilakukan, tapi Anda juga bisa bergerak mengikuti petak yang ada.

Keahlian dalam menggerakan arah dengan mouse juga bisa memberikan keuntungan sendiri bagi Anda ketika melawan banyak monster yang datang dari banyak arah. Anda bisa langsung menyerang semua musuh dari tempat yang sama ke berbagai arah tanpa harus kerepotan.

Ketika akan membuat sesuatu atau membeli dalam Stardew Valley, Anda hanya perlu mengklik satu kali mouse. Jika Anda ingin membeli dalam jumlah banyak, Anda bisa menggunakan tombol shift dan menekannya hingga jumlah yang Anda butuhkan sesuai. Namun, harus berhati-hati karena Anda tidak bisa membatalkan pembelian.

Model Permainan Bertani yang Seru

Model Permainan Bertani yang Seru

Seperti game Harvest Moon, Stardew Valley memang intinya adalah seputar bertani dan beternak. Ladang peninggalan sang kakek itu awalnya dipenuhi berbagai macam benda seperti pohon, ranting, semak belukar, batu, dan rumput liar. Namun, jika semuanya berhasil dibersihkan Anda akan melihat sebuah ladang yang besar.

Sehingga, ladang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menanam beragam jenis tanaman. Anda juga bisa mendirikan peternakan di sana. Namun, perlu kesabaran untuk membersihkan semua sampah di ladang tersebut. Karena Anda akan memakan waktu yang cukup lama.

Modal awal untuk mengelola ladang di Stardew Valley ini, Anda akan diberikan beberapa perkakas bertani seperti pacul, kapak, penyiram tanaman, golok sabit, dan beliung (pemecah batu). Alat tersebut bisa ditemuka di dalam ransel yang selalu Anda gendong kemana-mana. Untuk menggunakannya Anda tinggal menekan tombol shortcut.

Setelah ladang berhasil dibersihkan, Anda bisa langsung menggarapnya dengan cangkul . Setelah itu tanam bibit pakan yang telah dibeli dari toko pakan di tanah yang telah dicangkul. Siram tanaman setiap hari dengan menggunakan penyiram tanaman yang telah diisi air. tunggu beberapa hari dan panen hasilnya.

Selain Bertani, Beternak Jadi Tantangan Sendiri

Selain Bertani, Beternak Jadi Tantangan Sendiri

Ketika Anda akan memulai untuk beternak, Anda perlu persiapan modal yang cukup besar. Hal ini karena binatang ternak Anda perlu kandang untuk tinggal. Jadi pertama Anda harus membangun kandang terlebih dahulu kemudian membeli binatang ternaknya. Namun biaya untuk membangun kandang ini tidaklah kecil.

Selain itu, Anda harus menyediakan bahan-bahan yang akan digunakan untuk pembangunannya. Misalnya saja, untuk membuat sebuah kandang ayam Anda membutuhkan 300 kayu, 4000 gold, dan 100 batu. Memang nampaknya tidak akan terlalu sulit jika tidak ada batasan energi dalam bekerja.

Namun karena Stardew Valley ini game simulasi kehidupan, pastinya ada batasan energi ketika bekerja selayaknya dalam kehidupan nyata. Anda harus tahu, kegiatan memacul, menebang pohon, dan memecahkan batu bisa menguras energi Anda. Sehingga proses pengumpulannya akan sedikit sulit.

Untuk mengembalikan energi yang hampir habis, Anda bisa memakan tanaman penambah energi yang Anda temukan. Atau bisa juga dengan pergi tidur dan kembali keesokan harinya. Jika Anda terlambat mengisi energi, maka akan pingsan dan tiba-tiba telah berada di klinik.

Ketika kandang telah jadi, Anda harus membeli hewan ternak dan memberinya makan setiap hari. Anda juga harus memperhatikan mood hewan ternak dengan cara menyikat atau mengklik hewan-hewan tersebut. Dengan begitu pertanian dan peternakan Anda di Stardew Valley akan berjalan baik.