Strategi line Mobile Legend menjadi faktor utama dalam permainan game online yang telah mendunia ini. Pasalnya, dengan penggunaan strategi yang tepat akan diperoleh permainan dengan kemenangan hebat. Tak heran jika para pemain professional akan selalu memikirkan terkait strategi terbaik yang harus dijalankan untuk menumpas lawan sebelum memulai pertandingan.

Permainan mobile legend setiap fasenya pasti akan memiliki tujuan dan fungsi masing-masing. Salah satunya adalah fase laning. Meskipun banyak yang mengatakan jika fase laning tak terlalu relevan dengan permainan, namun fase ini dapat merubah alur game yang tengah dimainkan. Sehingga penting merumuskan strategi laning sebelum terjun ke pertandingan.

Melihat pentingnya strategi line dalam game moba, maka tak heran jika penentuan strategi line menjadi kunci utama permainan. Pasalnya, line up berisikan komposisi dari setiap lane dan memiliki peran penting dalam permainan.

Dalam dunia moba, terlihat banyak strategi line Mobile Legend yang bisa dimainkan sesuai gaya permainan masing-masing player. Salah satu yang paing ramai digunakan adalah line up 1-3-1 dan 1-2-2. Strategi ini menjadi yang paling banyak digunakan karena dibilang cukup ideal untuk setiap komposisi permainan.

Tak jarang orang akan merasakan kebingungan saat memilih strategi mana yang tepat digunakan. Mengingat setiap strategi memiliki role pahlawan yang berbeda, pemain berhak menentukan sendiri strategi mana yang paling menguntungkan, strategi yang paling dikuasai dan strategi yang tepat sesuai kondisi dalam permainannya.

Hero Role Masing-Masing Strategi Lane

Hero Role Masing-Masing Strategi Lane

Setiap strategi line Mobile Legend akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga setiap pemain dapat memilih dengan bebas kira-kira strategi mana yang paling tepat untuk digunakan dalam permainan. Salah satu perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi hero role masing-masing strategi.

Strategi lane 1-3-1 akan memiliki satu permain di posisi offlane atau marksman. Posisi tengahnya akan diisi dengan hypercarry, 1 orang tanker, serta satu orang mage atau support. Sedangkan di sisi line terakhir akan diisi dengan offlaner. Strategi ini digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan core item lebih cepat.

Pasalnya, strategi ini dibawa dengan carry semua buff sehingga mendapatkan core item yang lebih cepat dibandingkan tim lawan. Sehingga tujuan utama penggunaan strategi ini adalah untuk menyelesaikan permainan dengan cepat dan tepat. Tak jarang banyak orang yang menggunakan strategi ini sebagai strategi terbaik permainannya.

Di sisi lain, strategi line Mobile Legend 1-2-2 menawarkan sisi permainan yang berbeda. Strategi ini akan menaruh seorang offlaner hanya di satu line. Sedangkan posisi tengah akan diisi oleh tanker dan midlaner serta posisi akhir diisi oleh seorang marksmann dan mage atau support. Berbeda dengan 1-3-1, permainan ini dianggap lebih aman digunakan.

Permainan 1-2-2 hanya mengandalkan permainan midlaner saja sebagai pemberi kerusakan pada early game. Sehingga strategi ini dianggap lebih aman untuk bertahan dibanding strategi 1-3-1. Namun, dari segi waktu yang digunakan jelas berbeda dengan strategi 1-3-1 sehingga penggunaannya akan lebih tepat untuk bertahan daripada menyerang.

Pahami Strategi Lane 1-3-1

Strategi line Mobile Legend 1-3-1 ini sangat bergantung pada hero cary dalam mengamankan kill untuk mendapatkan objective. Strategi ini juga membutuhkan offlaner dalam menjaga atau menahan agar turret tak dihancurkan oleh lawan. Permainan akan menjadi lebih baik jika turret lawan mampu dihancurkan oleh offlaner sehingga akan memberi keuntungan bagi timnya.

Permainan ini menitikberatkan pada carry agar lebih berhati-hati. Pasalnya, permainan yang diperuntukkan dengan level kecepatan maksimal dalam memperoleh gold ini bisa saja dimenangkan oleh lawan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mencari waktu roaming dan mempick off lawan perlahan. Sehingga carry harus bisa mengamankan kill carry lawan.

Di fase awal permainan, carry dapat mengambil lithowanderer untuk melakukan pengamanan buff sendiri. Namun, akan lebih aman jika mengambil di sebelah kiri. Lithowanderer di sebelah kanan hanya digunakan untuk kegiatan merusuh saja dengan cara mengambil buff biru lawan terlebih dahulu sebelum memulai.

Jika buff lawan tak diambil, maka bisa menggunakan buff sendiri atau pun memilih buff merah terlebih dahulu baru beralih ke buff biru. Hero yang cocok dimainkan dalam permainan seperti Ling, Hanzo, Claude, Kimmy, dan juga Karrie. Lancelit dan juga Gusion juga menjadi opsi yang sangat bagus sebagai role midlaner.

Strategi Line 1-2-2

Berbeda dengan strategi line Mobile Legend 1-3-1, strategi ini lebih diperuntukkan bagi marksman untuk mendapatkan buff merah terlebih dahulu. Jadi fase permainan dimulai dengan clear minion pertama, lanjut ke lithowanderer, baru kemudian bersaing untuk mendapatkan buff biru. Posisi marksman akan berada di posisi bawah dalam permainan ini.

Seperti strategi 1-3-1, carry yang berada di roam tengah juga harus roam untuk mendapatkan kill. Jika kondisi ini tercapai, maka marksman posisi bawah dapat menggantikan midlaner wave sementara dengan tujuan agar perbedaan gold tak terlalu jauh. Hero yang biasa digunakan seperti Karrie, Claude, Bruni, Wanwan, dan juga Granger.

Tips Melawan Strategi Line pada Mobile Legend 1-2-1

Strategi line Mobile Legend 1-3-1 adalah strategi meta terkuat moba. Namun, strategi ini akan sedikit kewalahan jika diterapkan ke super late game dengan durasi lama saat melawan strategi 1-2-2. Khususnya jika dilihat dari segi damage output. Namun, formasi 1-3-1 dapat mengcounter formasi 1-2-2 dengan blinder di awal permainan.

Strategi utama yang digunakan adalah dengan mempercepat langkah untuk mendapatkan hypercarry-nya sehingga game tak akan terseret menuju ke late game. Namun, hal ini bukan berari strategi line Mobile Legend 1-3-1 langsung kalah dalam melawan 1-2-2. Semuanya akan tetap bergantung pada skill pemain dan juga teamwork masing-masing tim.

Tips Melawan Formasi 1-3-1

Strategi line pada mobile legend ini akan ditemani oleh 1 tanker dan juga 1 support dengan mengandalkan 1 hypercarry. Hal terbaik yang dilakukan dalam mengcounter play stale adalah dengan split plush. Caranya dengan memanfaatkan hero-hero andalan layaknya Masha, Chou, dan juga Helcurt.

Setiap hero fighter atau pun assassin awalnya memiliki mobilitas tinggi dengan basic attack dan kecepatan penyerangan yang tinggi pula. Sehingga hero dengan kecepatan tinggi sangat efektif dalam melakukan split-push. Jika strategi ini berhasil dilakukan, maka akan membuat formasi 1-3-1 mengalami kebingungan dalam menahan split atau justru menemani hypercarry.

Strategi line Mobile Legend baik untuk 1-3-1 atau pun 1-2-2 memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Formasi 1-3-1 lebih kuat dari segi fase awal permainan karena memprioritaskan hypercarry dalam memperoleh dua buah buff sekaligus. Sehingga akan membuat tim cepat kaya dengan adanya tambahan bonus buff merah dan biru.

Namun, di lain sisi terdapat formasi 1-2-2 yang lebih kuat untuk permainan jangka panjang. Pasalnya, formasi ini terdapat dua core yang lebih kuat untuk permainan late game jika dibandingkan dengan memiliki 1 hypercaryy. Sehingga dua-duanya harus tetap saling berlomba dalam memenangkan fase krusial dan melaksanakan strategi line Mobile Legend masing-masing.