Perkembangan dunia digital turut membuat tim esport Indonesia semakin bagus kualitas dan prestasinya. Banyak dampak positif yang sudah terjadi karena kemajuan tersebut. Meskipun sangat banyak pesaing dan memang harus diakui sangat ketat namun, dunia esport sangat membanggakan.

Kekuatan Indonesia bahkan diakui di tingkat dunia karena terbukti mampu menjuarai beberapa turnamen dunia. Hal ini selain membawa nama baik Indonesia juga turut menjadi bukti bahwa reputasi time sport Indonesia secara internasional.

Perubahan yang dibawa oleh kemajuan esport juga membawa banyak perubahan terhadap dunia gaming. Mengenai stigma buruk terhadap para gamer seperti bodoh, pemalas, dan tidak berguna kini hilang. Kesuksesan para tim esport Indonesia beserta prestasi yang semakin banyak membuat esport banyak juga digemari.

Perkembangan dan Kondisi Esport Indonesia

Pertumbuhan tim esport Indonesia sangat pesat pada waktu belakangan ini karena raihan para tim hebat Indonesia di dunia internasional. Esports kini telah menjadi industry yang cukup banyak diminati karena bahkan pemerintah sudah mengakui industri ini memberi banyak dukungan.

Salah satu bukti dukungan tersebut adalah dengan mengadakan turnamen seperti Piala Presiden Esports hingga Piala Menpora Esports yang jadi wadah untuk menyalurkan hobi. Padahal sebenarnya esports sudah lama ada dan banyak diminati.

Namun persepsi bahwa gamer bukan pekerjaan atau bidang yang baik membuat orang kurang memandang baik bidang ini atau menyukainya. Namun sejak adanya game online, banyak orang punya akses bermain maka mulailah muncul esports dan semakin berkembang hingga sekarang.

Cikal Bakal Kemunculan Tim ESport

Sejak kemunculan turnamen berhadiah besar di Indonesia bernama GESC Indonesia Minor yakni turnamen Dota 2 tahun 2018 dengan hadiah sekitar 300 ribu USD membuat bidang esport semakin dilirik. Mobile Legends Profesional Lague (MPL) Season 4 menarik minat pemuda dengan memberi hadiah besar sehingga permainan ini semakin populer dilanjut dengan game online lainnya seperti Free Fire dan PUBG Mobile.

Kini perusahaan ikut melirik esports dan menggunakan para pemain tim esport Indonesia untuk meningkatkan brand mereka turut meningkatkan pendapatan perkembangan esport juga. Esports Indonesia 2020 dan tahun-tahun berikutnya diprediksi akan sukses menarik banyak perhatian dan menuai kesuksesan besar. Terlebih jika dukungan dari semua pihak terus mengalir dan tersedia dengan baik.

Pengaruh terhadap anak muda juga sangat besar karena populernya para pro player ini dan kemajuan tim esport Indonesia. Keinginan menjadi atlet esport semakin besar dikalangan muda saat ini. Berikut tim-tim paling hebat Indonesia yang sudah besar juga di kancah internasional.

Rex Regum Qeon (RRQ)

Tim esport Indonesia yang satu ini sudah membuktikan kehebatannya dengan mengantongi banyak kejuaraan. Mereka bahkan digelari Raja segala Raja karena mampu memenangkan banyak turnamen.

Pada tingkat nasional mereka adalah pemegang turnamen. Melalui divisinya Point Blank, RRQ Endeavour sudah diakui kekuatannya sejak kemenangan beruntunnya sejak 2017. Mereka mampu keluar sebagai juarai PBNC Season 1 dan 2. Untuk tingkat internasional World Challenge 2019 RRQ meraih kemenangan dengan menjuarainya tahun 2019 meskipun di di PBIC 2019 harus duduk di posisi runner-up.

Selain RRQ Endeavour, tim ini punya tim kuat juga di Mobile Legends dengan prestasi sebagi peringkat kedua pada M1 World Championship. RRQ Poseidon dan RRQ Hades lahir sebagai divisi Free Fire yang mulai menunjukkan taringnya. RRQ Poseidon telah menjuarai turnamen Free Fire Summer League, sedangkan RRQ Hades keluar sebagai juara di Dunia Games Golden Tickets tahun 2019.

Meskipun demikian RRQ Poseidon telah kehilangan 3 pemainan di akhir 2019. Sementara RRQ Hades Meraih kemenangan besar di Axiata Game Hero Championship 2019 Malaysia. Meskipun pada beberapa kesempatan RRQ tidak keluar sebagai juara, namun keinginan besar untuk tetap yang paling hebat membuat mereka selalu berbenah dan membangun timnya untuk kembali menjadi juara. Perubahan dilakukan dengan merekrut pemain ternama.

EVOS Esport

EVOS dan RRQ adalah dua tim esport Indonesia yang paling bersaing ketat dalam hal menjuarai turnamen di Indonesia. Namun, EVOS paling terkenal dan hebat pada divisi Mobile Legends miliknya. Muncul sebagai juara pada M1 World Championship, mereka semakin bersinar mengalahkan pesaingnya RRQ.

EVOS sport dibentuk tahun 2016, mereka telah meraih prestasi dan sangat membanggakan pada banyak turnamen yang juga kompetitif. Mobile Legends, Mobile Legends Ladies, Free Fire, PUBG Mobile, dan Point Blank adalah 5 devisi yang mereka miliki untuk saat ini. Dulu sempat punya divisi Dota 2 namun tahun 2019 bulan September telah bubar.

Prestasi EVOS seperti divisi Point Blank Ladies yakni EVOS Galaxy Sades pada PBIWC 2019 keluar sebagai runner up. Ada lagi yaitu EVOS Capital/Roar yang meraih trofi kemenangan turnamen Free Fire World Cup 2019. Pada ajang M1 World Championship, tim andalan dalam divisi Mobile Legends juga menjuarai MPL Season 4 hingga dinobatkan sebagai tim paling kuat di dunia. Timnya pada Arena of Valor (AOV) adalah andalan juga di turnamen tingkat Asia mewakili Indonesia dan sejak ASL Season 1 hingga 3 mereka adalah juaranya.

EVOS harus duduk di peringkat 6 PMCO Fall Split Sea Championship untuk divisi PUBG Mobile. Sayangnya, divisi PUBGM EVOS gagal untuk masuk ke babak playoff pada ajang PUBG Mobile Star Challenge 2019. Meskipun kurang bersinar pada divisi ini namun EVOS telah membuktikan kesuksesannya dalam berbagai turnamen hingga pada skala internasional. Nama nama besar tim esport Indonesia ini semakin mendapat pengakuan.

Bigetron Esport

Dengan meramaikan skema kompetitif League of Legends (LOL), Bigetron atau sering disingkat BTR awalnya memulai kariernya dalam dunia esport. Semakin matang maka BRT membuat divisi Mobile Legends yang turut berjuang pada turnamen MPL Season 1. Mereka belum langsung bersinar saat itu, namun kegigihan tim ini mendapat banyak perhatian.

Terbukti pada turnamen MPL Season 4 ini, mereka membuat tim esport Indonesia bahkan yang besar lainnya kewalahan, seperti RRQ, ONIC dan EVOS. Meskipun masih harus terhenti di babak playoffs.

Meskipun Mobile Legends bukan keahlian mereka, BTR sangat terkenal di dunia melalui divisi PUBG Mobilenya BRT RA (Red Alien). Ryzen dan Microboy merupakan tim PUBG Mobile terkuat yang diakui di dunia karena memperoleh gelar juara dari Tencent, terlebih mereka diperkuat oleh si anak kembar Zuxxy dan Luxxy.

BRT sudah menjuarai PMPL-Spring Split-Indonesia League, PMPL Spring Split Indonesia Finals, dan PMPL Season Finals 2020, PMWL-Season 0: East Region, PMPL Fall Split: Indonesia League, PMPL Spring Split Indonesia Finals untuk musim ini. BTR menjuarai ESL Jagoan Series 2019 di posisi kedua dan juara Dunia Games Golden Ticket di posisi ketiga.

ONIC Esport

Tim ONIC esport masih tergolong pendatang baru namun sudah mampu menancapkan taringnya pada berbagai arena permainan gaming. ONIC jadi salah satu tim esports

Indonesia paling hebat sejak dibentuk pada 2018, bahkan kehebatannya terdengar hingga mancanegara. Meskipun terbilang baru di skema kompetitif Indonesia mereka sudah sukses mencetak Namanya paling ditakuti melalui divisi-divisi mereka.

Mereka terkenal sebagai underdog di Mobile Legends karena sepanjang awal musim 2019 tidak ada yang bisa mengalahkan mereka. Mereka dinobatkan sebagai tim esport Indonesia paling populer berdasarkan Esports Charts. Pada Mobile Legends Professional League 2019, ONIC tidak pernah sekalipun kalah dari total 11 pertandingan.

Buktinya mereka mampu menjuarai Dunia Games League 2019, turnamen Indonesia Pride Weekdays Championship season 4, 5, dan 6, Indonesia Esport Games 2018, dan Mobile Legends Star League Season 3. Bahkan yang baru-baru ini mereka raih adalah juara Piala Presiden Esport 2019.

Selain Mobile Legends, ONIC juga kuat pada divisi PUBGM. Mereka cukup ditakuti karena mampu tampil di PMCO Spring Split SEA Championship meski hanya menduduki peringkat 13 saja namun terbukti mampu menjuarai SEACA 2019.

visi Free Fire tim mereka sama hebatnya juga. Bernama ONIC Olympus, tim esport Indonesia ini sukses menjadi juara pertama di UCL 2019 serta posisi ketiga pada eksibisi Free Fire. Ada juga dua tim ONIC masuk grand final Free Fire Indonesia Masters Season Skuad Mobile Legends ONIC. ONIC masih bisa tentunya meraih prestasi yang semakin banyak kedepannya.

BOOM.ID

Tim ini sangat terkenal para penggemar gam PC Dota 2. Prestasi tim esport Indonesia ini pada CS:GO dan Dota 2 sangat banyak diperbincangkan karena keahlian BOOM.ID yang tidak diragukan lagi. Mereka menjadi pemenang dan menjuarai ESL Indonesia Championship pada Season 1 dan Season 2 melalui Dota 2.

Dari semua tim yang sudah kami bahas, BOOM.ID sangat setia dengan game PC bermain Dota 2. Tim ini bahkan pernah ikut tahap kualifikasi Asia Tenggara untuk ikut turnamen The International 2019 meskipun belum membuahkan hasil manis. Ini adalah pencapaian yang bagus karena BOOM Esports menjadi tim esport Indonesia pertama yang ikut turnamen Dota 2 paling besar tersebut.

BOOM Esports sudah pernah mengukir prestasi dengan merebut posisi runner up di ajang Asia Pacific Predator League 2019. Mereka juga meraih juara dua pada gelaran ESL Clash Nations 2019 . Ada lagi prestasi lainnya dengan menjuarai kualifikasi GeForce Cup 2019 dan menjadi perwakilan tim esport Indonesia.

BOOM ikut mengembangkan kariernya di Free Fire dan cukup hebat di sini. Tim mereka telah mampu lolos dalam ajang bergengsi game Free Fire Indonesia Master Season 1 dan 2. Bahkan juga pada UIC saat SEACA 2019 melalui tim BOOM Cerberus, mereka sukses keluar sebagai juaranya.

Mereka adalah bukti bahwa tidak selamanya bermain game hanya berdampak negatif. Bermain game dengan tujuan jelas dan cara yang benar pun bisa berdampak positif. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi mereka membuktikan jika bermain game bisa memiliki dampak positif untuk keluarga, lingkungan sekitar, bahkan untuk negaranya.

Yang pasti prestasi mereka membawa nama harum Indonesia sehingga baik untuk memberi dukungan bagi mereka. Semoga kedepannya tim-tim ini semakin berprestasi lagi. Semua tim esports Indonesia diatas sudah memberi kemenangan banyak bagi Indonesia